Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ena Rs.

Peduli Dulu Pada yang Dekat Sebelum Pada yang Jauh

Agama | Saturday, 19 Feb 2022, 05:58 WIB
Peduli Pada yang Dekat Dulu, Baru Pada yang Jauh (sumber poto maxpixel)

Peduli Dulu Pada yang Dekat Sebelum Pada yang Jauh – Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah beriman kepadaku orang yang kenyang semalaman, sedangkan tetangganya kelaparan di sampingnya, padahal ia mengetahuinya.” (HR At-Thabrani).

Pernahkan Anda menyumbang untuk bangsa Palestina? Pasti ada yang menjawab pernah. Bahkan ada yang lebih dari satu kali. Sampai ada yang bela-belain transfer ke rekening pihak yang mengumpulkan donasi. Kita tahu donasi dari banyak orang itu, hasilnya jadi pemberitaan, karena dalam waktu cepat bisa terkumpul dalam jumlah milyaran rupiah.

Saya sendiri orang yang memutuskan tidak menyumbang donasi untuk bencana kemanusiaan di Palestina beberapa waktu yang lalu. Bukan tidak peduli, biarkan saja orang lain yang menyumbang. Saya prihatin dengan nasib bangsa Palestina. Tapi saya merasa belum pantas menyumbang mereka karena saya belum terlalu peduli dengan penderitaan nasib tetangga di sekitar saya.

Masih banyak dari kita yang peduli pada sesama, memberikan sejumlah uang pada orang jompo yang mengemis di jalanan, tapi lupa jarang memberi uang pada orang tua kita sendiri. Sering berdonasi untuk siapa yang entah siapa dan jauh dari kita, tapi lupa jarang memberi pada saudara sendiri yang hidupnya kesusahan di sekitar kita.

SELENGKAPNYA BACA DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image