Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image BlogIDku

Apa Itu Kabau Serta Manfaatnya Untuk Tubuh Yang Jarang Diketahui

Kuliner | Thursday, 17 Feb 2022, 16:23 WIB

Apa Itu Kabau? Kabau merupakan tanaman endemik tropis yang banyak di temukan di Indonesia khususnya di pulau Sumatra, Kalimantan hingga Sulawesi. Kabau juga memiliki nama latin Archidendron bubalinum atau juga biasa di sebut jengkol versi mini, bentuk Kabau juga mirip kancing baju serta biasanya tumbuh liar di hutan.

Kabau memiliki aroma yang sangat khas jika di konsumsi, mirip seperti bau jengkol tapi lebih tajam, oleh karena itu banyak orang yang sangat menyukai kabau untuk di jadikan lalapan, selain dijadikan lalapan kabau juga bisa di olah menjadi sambal Kabau yang tak kalah nikmatnya dibandingkan dengan sambal jengkol.

Walaupun kabau memiliki efek bau yang tidak sedap saat di konsumsi, Kabau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kabau memiliki kandungan fosfor yang sangat di butuhkan oleh tubuh terutama tulang dan gigi.

Berikut Berberapa Manfaat Kabau Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Inilah berberapa manfaat kabau untuk tubuh yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Sebagai Sumber Fosfor Untuk Tubuh

Di setiap 100g BDD (Berat Dapat Dimakan) kabau memiliki 204 miligram fosfor yang mana kandungan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh, tentunya kamu bisa menjadikan kabau sebagai sumber untuk kebutuhan fosfor tubuh. tapi jangan kebanyakan ya nanti toilet kamu jadi bau (hehehe).

Dapat Membantu Kinerja Otot dan Syaraf

Selain sebagai sumber fosfor kabau juga memiliki kandungan kalium dapat membantu kerja otot dan saraf tubuh. fosfor bersama kalium bekerja untuk menjaga jantung berdetak supaya tetap teratur, membantu komunikasi saraf yaitu pengiriman sinyal ke otak, dan membantu otak dalam merespon berbagai rangsangan dari luar tubuh.

Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan

Kabau juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu sistem percernaan, yang mana kandungan serat buah kabau ini adalah 2.9g di setiap 100g BDD (Berat Dapat Dimakan). Kamu dapat mengkonsumsi buah kabau ini sebagai penambah selera makan sekaligus dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Walaupun buah kabau memiliki aroma yang khas pada saat di konsumsi ternyata kabau juga memiliki kandungan vitamin juga lho. kabau memiliki kandungan vitamin Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, dan Vitamin C, yang mana vitamin itu sangat berguna untuk menjaga imun tubuh kamu.

Itulah berberapa manfaat kabau yang dapat kami rangkum untuk kamu, bagaimana? apakah kamu tertarik untuk mencobanya? tapi jangan banyak-banyak ya dan pastikan kalo kamu mengkonsumsinya di hari libur ya, supaya toilet kantor/sekolah kamu tidak bau (hehehe).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image