Menikmati Keindahan Kampus UPI

Image
Deffy Ruspiyandy
Wisata | Thursday, 17 Feb 2022, 08:37 WIB

Universitas Pendidikan Indonsia atau UPI Bandung sebuah universitas yang menjadi favorit anak muda untuk menimba ilmu agar bisa menjadi sarjana. Menariknya kampus ini tak sekedar menjadi tempat yang terkait dunia pendidikan melulu tetapi juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh siapapun. Semua itu terjadi karena di dalamnya tersimpan Gedung atau bangunan yang menarik untuk dilihat lebih dekat. Bahkan terdapat pula bangunan yang bernilai sejarah

Gerbang Kampus UPI yasng terlihat begitu luas. (FOTO : Deffy Ruspiyandy)

Keberadaannya di kawasan Bandung Utara tepatnya di jalan Setiabudi dan persisnya dekat dengan Terminal Ledeng bagi mereka yang ingin mendatangi kampus ini khususnya bagi mereka yang dari luar kota. Terutama bagi mereka yang turun di Stasiun Kereta Api Bandung maka misalnya tak mencharter kendaraan maka bisa naik angkutan Stasiun-Lembang dengan tarif lima ribu rupiah. Dijamin akan sampai di tempat tujuan dan para supir sudah mengerti betul tempat yang satu ini.

UPI dulunya dikenal IKIP Bandung. Kondisi kampus ini semakin menarik terutama selain terdapat bangunan yang terbilang cukup megah juga sekeliling kampus ini dibuat adem dengan ba nyaknya pepohonan rindang. Kita melihat realita yang ada maka kampus ini memang ditata rapi. Selain untuk memberikan kenyamanan bagi para mahasiswa yang menimba ilmu di sana juga bagi pengunjung yang datang ke tempat ini pun akan dibuat takjub karenanya. Inilah yang menjadi daya geraik dari kampus yang ada di Kota Bandung ini.

Yang menarik justeru di sini ada yang dinamakan Museum Pendidikan Nasional dan gedung berlantai lima dan masing-masing lantainya menunjukkan bagian tersendiri yang ada dalam dunia pendidikan. Museum ini sendiri diresmikan tanggal 2 Mei 2015 saat Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Museum ini sendiri menyimpan barang dan catatan sejarah kependidikan nasional zaman dulu, dan zaman sekarang serta ketika mengunjungi museum ini maka kita akan menjadi paham perkembangan pendidkan Indonesia dari masa ke masa. Dibuka dari hari Senin sampai Jumat ulai oukul 08.00-16.00 WIB. Tapi karena masa pandemi sepertinya dibuka secera terbatas bahkan mungkin juga masih ditutup.

Gedung Museum Pendidikan Nasional (FOTO : Deffy Ruspiyandy)

Museum ini merupakan salah satu bentuk wisata bentuk edukasi yang bisa dikunjungi siapa saja yang terpenting mereka penasaran dengan dunia pendidikan. Karenanya wajar sekali jika mereka penasaran mengunungi museum ini maka jika ke Bandung jangan lewatkan kesempatan ini. Kita pun semua tahu sejarah pendidikan Indonesia khususnya yang digagas Ki Hajar Dewantara cukup penting dan fundamental di dalam memajukan bangsa karena dengan penddiikan banyak lahir orang-orang hebat yang bisa membangun negeri ini.

Juga yang tak kalah menariknya di kampus UPI ini adalah adanya Gedung Isola yaitu sebuah Gedung cagar budaya yang bernilai hisstoris peninggalan zaman Bekanda dan menjadi ikon bangunan bersejarah di kampus UPI dengan arsitejtur art deco yang begitu indah. Makanya tak mengherankan bagi yang suka berfoto maka jika berfoto dengan latar gedung ini maka akan menampilkan gambar yang benar-benar menarik dengan penuh pesona. Seolah-olah kita sedang berada di tempat lain. Karenanya kalau ke kampus ini pasti banyak orang yang terlebih dahulu ingin melihat gedung isola ini.

Gedung ISOLA UPI (FOTO : Deffy Ruspiyandy)

Menurut catatan yang ada, gedung ini dibangun pada tahun 1913 dan saat ini digunakan sebagai Gedung rektorat UPI. Bahkan pada tahun 1946 pada masa pendudukan Belanda, gedung ini pernah ditembaki dan hancur sehingga membutuhkan kegiatan renovasi sehingga bisa berdiri kokoh seperti saat ini. Pada tahun 1951 gedung ini dinasionalisasi Pemerintah RI dengan nama Bumi Siliwangi sehingga memiliki keterkaitan sejarah dalam perjuangan kemerdekaan RI. Ternyata arsitek yang membangun gedung ini adalah Profesor Wolf Schoemaker dan ia pun meninggal di Bandung serta dimakamkan di kota ini juga. Gedung ini tampak terawat sehingga keasrian dan kendahannya selalu tampak utuh darti hari ke hari dan menenangkan siapa saja yang melihatnya.

Begitulah kampus UPI dengan segala keindahan yang ada sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh siapapun dari berbagai pelosok di negeri ini. Tentu saja siapapun yang ke Kota Bandung maka tak ada salahnya untuk sejenak ke sini dan seraya menikmati keindahan yang ada di dalamnya. Wilujeng ka kampus UPI.***

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Puisi: Intoleran

Image

Situs Download Foto dan Video di IG Online Tanpa Aplikasi Terbaik 2022

Image

Tutorial Download Lagu di MP3 Juice CC Terlengkap Semua Genre

Image

Delik Pers yang Berhubungan Dengan UU KUHP dan UU ITE

Image

Hewan yang Haram untuk Dikonsumsi

Image

Belajar dari Sepinya Laga Timnas vs Curacao

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->