Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bonefasius Dheo

Kekerasan terhadap Pejabat Publik di Meksiko: Tanda Krisis Keamanan yang Terabaikan

Politik | 2024-10-21 19:10:17

Kekerasan terhadap pejabat publik di Meksiko kembali mencuat setelah terjadinya pembunuhan brutal terhadap Alejandro Arcos Walikota Chilpancingo yang baru menjabat. Hanya beberapa hari setelah dilantik, Arcos menjadi subjek kekerasan kartel yang makin merajalela. Kasus ini menambah daftar panjang pejabat yang menjadi korban kekerasan di negara tersebut dan menjadi sebuah sinyal nyata bahwa krisis keamanan di Meksiko belum mencapai titik terang

Ilustrasi gambar bendera Meksiko, Foto: Pixabay.com

Pembunuhan Arcos terbilang sangat mengkhawatirkan, dimana setiap harinya puluhan orang tewas dikarenakan konflik yang terafiliasi dengan kartel. Hal ini sangat menunjukan bahwasannya strategi keamanan yang disusun oleh pemerintah saat ini belum efektif dalam menekan angka kriminalitas yang semakin mengkhawatirkan.

Sebuah beban yang berat bagi Presiden Claudia Sheinbaum yang baru saja dilantik dalam penanggulangan kekerasan kartel yang semakin mengakar. Meskipun Sheinbaum sudah menjanjikan untuk mengutamakan intelejen dan investigasi dalam pendekatan nasionalnya, langkah-langkah ini akan diuji efektivitasnya dalam beberapa bulan mendatang. Tinggi harapan masyarakat akan penekanan angka kriminalitas yang kian menghantui negara.

Namun, sikap Sheinbaum yang cenderung menyepelekan menuai berbagai kritik dari berbagai pihak. Selama kampanye, Sheinbaum terbilang mengabaikan isu terkait dengan alasan persepsi kekerasan yang meluas tidaklah akurat. Padahal, data menunjukan bahwa angka kriminalitas dan kekerasan politik terus meningkat, seperti yang terlihat dari tingginya jumlah kandidat politik yang menjadi korban kekerasan dalam pemilu terakhir.

Kasus kekerasan di Chilpancingo merupakan sebuah bukti nyata seberapa dalam infiltrasi kartel dalam politik lokal. Mantan wali kota yang berasal dari partai yang berkuasa sebelumnya sempat terlibat dalam pertemuan dengan pemimpin dari kelompok kriminal, indikasi kuat akan adanya hubungan gelap antara pejabat publik dan dunia kejahatan terorganisir

TIndakan tidak manusiawi yang dialami Alejandro Arcos menjadi sebuah seruan bagi pemerintah Meksiko untuk mengambil langkah tegas dalam penanganan masalah ini. Jika terus disepelekan, maka ancaman dari kekerasan kartel akan selamanya membayangi pejabat publik dan merusak fondasi demokrasi serta keamanan negara. Pemerintah perlu membuat sebuah strategi dan kebijakan demi menuntaskan kriminalitas yang terus mengakar.

Tidak hanya keamanan pejabat publik yang menjadi korban terkait krisis ini, namun juga pada stabilitas ekonomi dan sosial di wilayah-wilayah yang terdampak. Tanpa adanya penanganan yang tegas dan sistematis, kekerasan akan terus berlanjut, menambah penderitaan masyarakat yang ada di tengah konflik antar kartel. Sebagai bagian dari warga bumi, kita semua perlu memantau perkembangan dan mendorong terciptanya solusi yang lebih manusiawi dan berkelanjutan untuk menangani krisis di Meksiko.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image