Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nani Maryani

Pemberdayaan Masyarakat Melalui P2L (Pekarangan Pangan Lestari) di Kabupaten Bekasi

Eduaksi | 2024-10-18 00:59:40

Pemberdayaan masyarakat di kawasan perkotaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan ketahanan pangan, ekonomi keluarga, dan kesejahteraan. Salah satu program yang berfokus pada pemberdayaan ini adalah Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah program pemerintah yang sedang dilaksanakan di perumahan GSP1 Desa Ciledug dan Perumahan GMM Desa Lubangbuaya Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi.

Program P2L ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan, terutama di lingkungan perkotaan, guna menghasilkan pangan yang beragam dan bernilai gizi tinggi sereta mendorong masyarakat, khususnya wanita, dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman pangan secara berkelanjutan. Fokus utama dari program ini adalah menciptakan ketahanan pangan lokal melalui produksi pangan sendiri, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk menambah pendapatan keluarga.

Wanita tani kota memiliki peran strategis dalam program ini karena mereka umumnya lebih dekat dengan kegiatan rumah tangga dan pengelolaan pekarangan. Diawali dengan rasa cinta, senang terhadap tanaman serta pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh penyuluh melalui P2L, para wanita ini diharapkan mampu menghasilkan pangan bergizi dari lahan yang mereka miliki di lingkungan perkotaan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

Tahapan kegiatan P2L ini terdiri dari rumah benih, demplot, pertanaman serta panen dan pasca panen. Aneka tanaman yang ditanam antara lain sayuran daun yaitu kangkung, bayam, caisin, bayam merah sedangkan untuk sayuran buahnya yaitu cabai rawit, cabai merah keriting, terong dan tomat. Kegiatannya dimulai dari pertemuan kelompokwanita tani untuk menciptakan persespi dan komitmen serta membangun kemandirian kelompok terhadap program P2L, dilanjutkan dengan pemahaman teknis. Kegiatan dilanjutkan dengan proses budidaya mulai dari membuat persemaian, mengisi media tanam ke polybag, pemeliharaan (penyiraman, pemupukan, penyiangan gulma).

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) menawarkan peluang besar bagi pemberdayaan wanita tani di kota. Dengan program ini, wanita tani tidak hanya berperan dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga, tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga dan masyarakat. Pemberdayaan ini akan menjadi kekuatan baru dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan di masa depan, terutama di lingkungan perkotaan yang semakin berkembang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image