Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Generasi Z Sulit Bahagia

Lainnnya | 2024-10-14 23:20:09
Oleh : Brigita

Generasi Z merupakan generasi yang lahir di atas tahun 2000-an. Mereka merupakan sekelompok generasi yang hidup di zaman kemajuan teknologi, sehingga kehidupan mereka cenderung lebih mudah dan serba cepat. Pengelompokan generasi ini sebenarnya hanya dimaksudkan utnuk membagi zaman kehidupan dan rentang usia manusia yang hidup didalamnya. Lebih jauh lagi, dalam kajian sosial-kemasyarakatan, generasi Z memiliki banyak problematika kehidupan yang membuat mereka tidak lebih bahagia dari generas-generasi sebelumnya.

Masalah yang terjadi pada gen Z saat ini seperti, insecure atas pencapaian orang dan membandingkannya dengan kemampuan diri sendiri yang sebenarnya berbeda dengan dirinya. Lalu sibuk pada masalah diri sendiri sehingga terpuruk dalam masalah dan tidak bisa melihat dunia dengan lebih luas. Padahal, semua kerisauan atas masalah yang dihadapi gen Z sebenarnya mampu jika ditangani dengan sudut pandang islam.

Misalnya masalah insecure dengan bentuk badan, Islam tidak pernah menghukumi seseorang atas bentuk badannya, tatapi Allah menilai atas keimanan dan ketakwaan seseorang. Jadi, tidap perlu memusingkan masalah yang sebenarnya tidak dipertanggung jawabkan oleh Allah, justru harusnya kita fokus pada memperbaiki hal-hal yang dihisab oleh Allah, seperti menjaga tubuh kita dengan amanah, seperti dengan berolah raga, lalu menjaga tubuh kita dari memakan hal-hal yang diharamkan, dan menjauhi tempat-tempat yang dilaknat oleh Allah.

Lalu overthinking terhadap pencapaian orang dan membandingkan dengan diri sendiri. Teman, seyogyanya Allah mencintai hambanya yang beramal dengan istiqomah. Jika memang kita belum mencapai puncakk seperti orang lain, maka kita harus berusaha untuk teteap konsisten atas apa yang telah kita kerjakan sekarang. Terlebih lagi jika yang dikerjakan adalah untuk bekal akhirat yang saat ini banyak dilupakan oleh umat manusia.

Sesungguhnya dengan mempelajari Islam secara keseluruhan, yaitu Islam sebagai jalan hidup dan bukan sekadar kewajiban shalat, zakat, puasa, akan membuka pandangan kita lebih luas terhadap kehidupan ini, dan menemukan Islam sebagai solusi atas segala permasalahan hidup di dunia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image