Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hasan Albana

Latihan Dasar Kepemimpinan MA Muhammadiyah 1 Plus Malang

Sekolah | 2024-10-11 15:45:16
Pemateri : Ustad Hasan Albana, M.Pd (baju pramuka) bersama Manica Caca, Fatan, Nayla (IPM MA M 1 Plus Malang)

Latihan Dasar Kepemimpinan MA Muhammadiyah 1 Plus Malang

Bertajuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) MA Muhammadiyah 1 Plus Malang dalam salah satu sajian materinya menghadirkan pemateri dari Pemuda Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur tepatnya sekretaris bidang Kesehatan Hasan Albana, M.Pd. Pemateri yang juga sekretaris LSBO (Lembaga Seni Budaya Olahraga) PDM Kota Malang tersebut berkesempatan membersamai serta belajar bersama dengan sekitar 39 peserta terdiri dari kelas X dan XI. Kegiatan yang diadakan pada hari Jumat, 11 Oktober 2024 Bertempat di Masjid Abdullah Sholih Al Aulaqi Dyna Residence Karangploso tersebut dimulai dengan ice breaking yang membuat seluruh peserta fokus untuk mendapatkan materi.

Ketua ranting IPM MAM 1 Saudara Fatan mengungkapkan bahwa materi yang diberikan oleh ustadz Hasan Adalah Berorganisasi yang baik, materi tersebut sengaja diberikan dalma salah satu rundown acara karena memang kebutuhan peserta adalah ilmu tentang cara berorganisasi yang baik, selain mendapatkan ilmu yang banyak, juga diberikan oleh orang yang tepat yang pernah berorganisasi dulunya di IPM. Sehingga sebagai kakak senior tentu pengalaman-pengalaman yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan saat ini’ imbuh Fatan.

Mengawali materi Ustad Hasan mencoba memantik dan menggali informasi terlebih dahulu sejauh mana pemahaman peserta tentang organisasi. Semua berupaya mengangkat tangan dan menjelaskan makna dari organisasi. ‘Sekumpulan orang, memliki visi, tujuan yang jelas, terdapat kepemimpinan, dan anggota’ salah satu peserta mencoba menjawab pertanyaan pemantik dari pemateri.

Seluruh jawaban ditampung dan diberikan Kesimpulan bersama. Kunci yang disampaikan oleh Ustad Hasan Adalah sebelum menjawab pertanyaan bagaimana berorganisasi yang baik perlu di awali dengan pertanyaan awal yaitu APA, MENGAPA, dan BAGAIMANA. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka kita akan memiliki pondasi kuat dan kekuatan prinsip ketika harus berorganiasi khususnya di Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Selain itu juga, ustadz Hasan menambahkan bahwa mengutip ungkapan yang sering disampaikan oleh ketua PWM Jawa Timur Dr.dr Sukadiono bahwa : Inti organisasi adalah manajemen, Inti manajemen adalah kepemimpinan, Inti kepemimpinan adalah komunikasi, Inti komunikasi adalah kelapangan dada

Inti kelapangan dada adalah Ikhlas, Bila Ikhlas akan lapang dada, Bila lapang dada komunikasi bagus, Komunikasi bagus kepemimpinan efektif, Manajemen jalan sehingga organisasi maju.

Ditambahkan kembali bahwa berorganisasi yang baik sebenarnya sudah ada jawabannya pada Mars IPMyaitu : kita perliu :BERSATU, BERPADU, MENJALIN UKHUWAH, TERAMPIL, BERILMU, BERAKHLAK MULIA,PELOPOR PELANGSUNG, PENYEMPURNA AMANAH, BERJUANG DNG SEKUAT TENAGA, BERDIRI TEGAKLAH TAMPILLAH DIMUKA, IKRARKAN BERSAMA IPM BERJAYA.

Diakhir sesi seluruh peserta berfoto bersama dan semakin bersemangat untuk berorganisasi seperti filosofi telur pecah dari dalam yakni akan tumbuh kehidupan menjadi makhluk hidup yang hidup, bukan telur pecah dari luar yang akan menjadi telur ceplok atau telur mata sapi yang habis dimakan. Serta motivasi kedua adalah Ali Imron 104 : Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image