Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andrian Eksa

Tulis Cerpen Tentang Pekerjaan yang Jarang Diperhatikan, Siswi MTsN 9 Bantul Curi Perhatian Juri OSE

Info Terkini | Tuesday, 15 Feb 2022, 16:33 WIB

Ashifa Nindya Laura Betty Safilli siswa kelas IX C MTs Negeri 9 Bantul mengikuti final Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI) 2022 dengan penuh percaya diri, Selasa (08/02/2022). Ashifa masuk dalam final kategori Menulis Cerpen SMP/MTs sederajat tingkat nasional. Kegiatan ini digelar secara daring melalui Zoom Meeting.

Ditemui saat lomba usai, Ashifa mengaku menjalani dua sesi final dengan begitu tenang. Ia mengungkapkan, di dalam final tersebut, selain harus menulis cerpen sesuai dengan tema yang ditentukan saat itu, Ashifa harus menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari juri dalam wawancara. Ashifa mengaku berhasil menulis sebuah cerpen dengan tema “Profesi di Masyarakat” dalam waktu 90 menit. Ia berhasil menulis cerpen berjudul “Keluarga Tak Kasat Mata”.

“Alhamdulillah berhasil menulis cerpen sepanjang tiga halaman Google Doc yang menceritakan tentang keluarga tak kasat mata,” tutur Ashifa, “bukan tidak terlihat, ya, tapi tidak diperhatikan orang lain,” imbuhnya.

Ashifa menuliskan kisah keluarga yang terdiri dari seorang bapak berprofesi sebagai tukang penyebrang jalan, ibu seorang penjual air mineral, dan seorang anak yang berprofesi sebagai loper koran. Keluarga tersebut semuanya bekerja di jalan karena dulu ditipu oleh seseorang dan jadi bangkrut. Menariknya, di akhir cerita, diperlihatkan sosok penipu tersebut, yaitu ayah dari tokoh ‘aku’ yang bercerita sejak awal. Ashifa mengatakan, plot twist yang dibuatnya tersebut mendapat perhatian juri ketika sesi wawancara.

“Juri terlihat senang membaca cerpen saya dan tertarik dengan plot twist yang saya buat,” papar Ashifa dengan girang.

Ashifa berharap, dengan latihan setiap hari yang dijalaninya sebelum final ini dapat memberinya hasil terbaik. Siswa yang suka menulis sejak kelas VII ini berharap bisa meraih juara pertama dan dapat menerbitkan buku sebelum lulus sekolah. (and)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image