Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Efek Ketika Menonton Film Komedi Saat Pandemik

Gaya Hidup | Tuesday, 15 Feb 2022, 10:00 WIB

Salah satu hal yang bisa meringankan beban atau kepenatan hati yang sedang dirasakan adalah dengan menghibur diri. Saat ini banyak hiburan yang bisa dipilih untuk memenuhi hal itu bahkan cenderung mudah dan dapat dilakukan di rumah. Menonton film komedi setidaknya dapat meredakan urat-urat syaraf yang tegang denqan sedikit memberi kenyamanan. Mungkin hal ini setidaknya bisa menjadi terapi hati bagi siapapun.

Film komedi Yo Wis Ben yang dihadirkan agar bisa menghibur penonton (FOTO : STARVISION)

Film komedi dengan segala adegan-adegan lucu yang memancing tawa kita dan bisa mengundang senyum dihadirkan begitu nyata saat menonton film tersebut. Sangat memungkinkan antara 90-120 menit bisa jadi kita akan tertawa terpingkal-pingkal melihat tayangan di depan TV atau layar laptop kita. Bahkan saat ini banyak aplikasi yang mudah kita klik untuk menonton tayangan film komedi itu. Sehingga sangat memungkinkan kita akan tertawa lepas dan bisa menyenangkan hati apalagi saat ini pandemik sedang melanda.

Bohong kalau kita nonton film komedi tidak tertawa atau paling tidak mungkin tersenyum. Namun pada kenyataannya, kalau menonton film komedi dapat dipastikan banyak orang tak bisa menahan tawa karena adegan lucu yang disaksikan. Menurut Profesor Psikologi Kognitif, Grinnell College, Janet M Gibson, mengungkapkan beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan, dilansir di Science Alert, yang dikutip dari republika.co.id. Senin (7/12) bahwa tertawa menghasilkan emosi positif yang mengarah pada perkembangan suasana hati positif. Perasaan seperti terhibur atau merasa bahagia dapat membawa ketahanan dan meningkatkan pemikiran kreatif.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 dalam Hipotesis Medis menemukan manfaat yang kuat untuk jantung dan sistem kardiovaskular. Partisipan dalam penelitian kemudian diminta menonton salah satu komedi Saturday Night Live, lalu hasilnya dalam pengukuran medis, partisipan mengalami penurunan 35 peserta pelebaran pembuluh darah, dalam artian tertawa dapat membantu aliran darah mereka lebih baik. (https://sains.kompas.com/read/2019/09/23)

Film komedi harus diakui hanyalah sebagai media untuk sedikitnya bisa memicu diri kita agar kembali mendapatkan suasana hati yang menyenangkan. Karenanya semua akan kembali kepada diri yang bersangkutan. Tentu saja mengapa memilih film komedi menjadi hal utama karena kisah dan adegan dalam film komedi yang memungkinkan lebih cepat membuat orang tertawa karena mata dan telinga secara bersamaan melihat dan mendengar sesuatu yang lucu. Sehingga alam bawah sadar kita mengikuti realita yang terjadi dan menimbulkan kesenangan yang membuat hati kita menjadi bahagia.

.Menonton film komedi tentu saja adalah hal yang begitu menarik. Betapa tidak, karena siapapun orang yang menontonnya maka ia mau tidak mau atau sadar tidak sadar harus bereaksi dengan apa yang dilihatnya. Karenanya sering-seringlah menonton film komedi untuk mengendurkan urat syaraf kita dan lebih dari itu adalah mengurangi tingkat stres kita karena stres yang berkepanjangan akan membuat kita tersiksa sehingga membuat hidup kita menjadi tidak bersemangat. Masalahnya kalau tidak segera diatasi akan menimbulkan masalah lain pada diri kita. Jangan jadikan stres menghambat kebahagiaan seharusnya kalian dapatkan.

Dengan mampu menghindari stres yang terjadi setidaknya ini dapat menumbuhkan sistem imun yang kita miliki. Oleh karenanya jangan menganggap dengan menonton film komedi tak memiliki efek yang berarti bagi orang yang melakukannya. Efeknya sungguh luar biasa dan itu dapat dirasakan langsung yang setidaknya bisa tertawa lepas dan itu jelas akan bisa menyenangkan hati guna mendorong diri kita bersemangat di dalam menghadapi hidup ini.

Mungkin saja kalian yang sedang mendapatkan problem dalam hidup yang tengah dijalani semoga saja dengan menonton film komedi bisa menyenangkan hati dan membuat hidup menjadi semakin indah sehingga memberi semangat untuk bisa terus beraktivitas dalam segala hal. Sekali lagi yang bisa menghibur hati adalah kita sendiri. Karenanya dengan menonton film komedi bisa jadi hal itu adalah hiburan murah meriah tetapi dampaknya besar karena membuat hati menjadi senang dan hidup memang seharusnya bukan dibuat ribet tetapi harus bisa dibuat semakin menyenangkan hati dan itu harus dilakukan setiap hari.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image