Dampak Virus Covid 19 mengakibatkan Sosial Ekonomi terhadap Rakyat Kecil Meningkat

Image
Bona Ega Saut Halomoan
Curhat | Sunday, 13 Feb 2022, 02:50 WIB

Hadirnya pandemi COVID-19 di Indonesia pertama kali itu sendiri sejak saat itu infeksi kasus Covid-19 di Tanah Air terus menyebar dan meluas. Hingga 1 Maret 2021, tercatat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia adalah 1.341.314 orang yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo ditemani Terawan Agus Putranto yang kala itu masih menjadi Menkes.[1]

Namun, upaya untuk menghambat dari penyebaran virus COVID-19 dengan cara PPKM telah menghambat kegiatan dari roda perekonomian dan dampaknya terhadap tingkat kesejahteraan sosial semakin dirasakan masyarakat terukhususnya bagi para pedagang kecil baik pasar tradisional dan yang buka usaha kecil-kecilan.

Udah hampir berjalan 2 tahun semenjak covid 19 ini muncul lagi varian virus Omicron, apakah dari varian itu menyulitan rakyat kecil kembali? Salah satu ibu di pasar tradisional yang berada di Jawa Tengah bercerita apabila varian terbaru ini mucul dan pemerintah memberlakukan kembali PPKM darurat kami dan seperti saya mau makan apa dan bagaimana masa depan anak saya bersekolah dan kehidupan kedepannya? Inilah salah satu jeritan dari beberapa orang yang saya temukan baik para pedagang tradisional dan penjual rumah makan yang berada di salah satu kota di Jawa Tengah. Pada saat saya berkeliling malam hari ini salah satu Warung Makan Tegal (Warteg) di salah satu kota di Jawa Tengah bercerita bagaimana ya mas ini warteg baru buka dan ini di berlakukan kembali jam malam sampai jam 21.00 WIB di sini saya membantu memberikan pengertian kepada pekerja itu ya sebaiknya kita ikuti dulu mas aturan untuk bersama karna kalau kita ga ikuti nanti kita yang susah sendiri dan akhirnya pekerja di warteg itu pun memahami keadaan sekarang ini dan mengikuti anjuran pemerintahan daerah di sini.

Kata akhir dari penulis: Bangkitlah Negaraku dan Kotaku saat ini aku berpijak karena inilah salah satu dari jutaan rakyat kecil yang berada di Indonesia dengan nasib perekonomian mereka tergantung dari apa yang mereka jajakan.

#JeritanRakyatKecil

#Covid19

[1] Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kilas Balik Setahun Covid-19 di Indonesia, Pengumuman hingga Vaksinasi", https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/02/083200123/kilas-balik-setahun-covid-19-di-indonesia-pengumuman-hingga-vaksinasi?page=all. Penulis : Gloria Setyvani Putri Editor : Gloria Setyvani Putri

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

2 Santri Mts Alif Laam Miim Surabaya Menorehkan Prestasi Di Bidang Coding Pada Ajang Lomba Al-Azhar

Image

Mengamankan 'Pasang Surut' Keimanan

Image

Formasi Baru, Kamad MTsN 6 Bantul Lantik Pengurus OSIM

Image

Ikuti Wisuda Full-Luring, Inilah Pelbagai Wejangan Nasihat bagi Wisudawan UM Metro Tahun 2022

Image

HUT KORPRI Ke-51 di Lapas Pagar Alam

Image

UMPR Resmi Yudisium 653 Mahasiswa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image