Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad D

Yuk Baca Al-Quran, Karena Ada Banyak Manfaat Berikut Ini

Agama | Saturday, 12 Feb 2022, 01:47 WIB

Diwariskan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril, kitab suci Al-Qur'an tidak hanya kitab suci umat Islam, tetapi juga berisi perintah, petunjuk, sejarah dan kisah-kisah Islam dari Allah yang harus diketahui umatnya.

Penurunan kandungan Al-Qur'an terjadi secara bertahap, dalam kurun waktu 22 tahun, 2 bulan dan 27 hari, atau hampir 23 tahun. Selain sebagai pedoman hidup, Al-Qur'an memiliki banyak manfaat bagi mereka yang rutin membaca, mengamalkan bahkan mengamalkannya. Ada banyak sekali surat yang bermanfaat dan memberi petunjuk mulai dari surat pertama Al fatihah, yasin , sampai surat terakhir semua tiada perlu diragukan. Berikut beberapa manfaat bagi umat Islam yang rajin membaca Al-Qur'an. Yuk simak penjelasannya.

1. Menjadi Kepercayaan Allah

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW yang bersabda Ahli Al-Qur'an adalah keluarga dan amanah Allah.

Dalam pepatah ini, seorang ahli Alquran atau seseorang yang selalu membaca kitab suci Alquran, akan menjadi orang yang istimewa sekaligus beriman kepada Allah SWT.

Selain itu, dengan membaca Al Quran kita bisa menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Seperti yang dinyatakan dalam salah satu dari pernyataan ini!

Ahmad bin Hanbal berkata, aku bermimpi melihat Allah SWT. Saya bertanya, 'Ya Tuhanku, apa cara terbaik bagi seseorang untuk mendekat kepada-Mu?' Dia menjawab, 'Dengan kata-kata-Ku, wahai Ahmad.' Saya bertanya lagi, 'Ya Tuhanku, apakah dengan memahaminya atau tidak dengan memahaminya?' Dia menjawab, 'Mengerti atau tidak memahaminya.

2. Dijauhkan dari Setan

Iman datang ketika kita terhubung dengan Allah. Jika niatnya tulus, maka Dia akan memberi kita hidayah dan kekuatan. Membaca Quran berfungsi sebagai salah satu cara untuk tetap kuat melawan godaan setan yang mudah ketika kita mengingat bahwa tidak ada yang benar-benar penting dalam hidup kecuali menyenangkan Tuhan dan menunjukkan penghargaan atas apa yang kita miliki melalui ibadah dan berkat-Nya.

Surah Aali-'Imran melanjutkan: Katakanlah: sholatku dan ibadahku, hidup dan matiku, semuanya untuk Allah, Tuhan semesta alam: tidak ada sekutu bagi-Nya: inilah aku diperintahkan, dan aku adalah yang pertama di antara orang-orang yang menyerahkan diri kepada-Nya.

3. Tidak pernah merasa sendirian

Tidak ada yang perlu khawatir sendirian. Allah menjanjikan kita perlindungan ketika kita memanggilnya ketika dalam kesulitan. Seperti yang dikatakan Al-Qur'an, Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Maha Tinggi dan Yang Maha Mengetahui, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu (Surat Al-Hadid 57:3).

Ibn 'Abbas ra meriwayatkan bahwa Rasulullah (SAW) berkata, Jika kamu merasa waswas, bacalah Surah Al-Hadid Ayat 3 .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image