Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image padma malikahani

Indonesia dan Dampak Individualisme

Gaya Hidup | Friday, 11 Feb 2022, 16:25 WIB

Indonesia merupakan negara tropis dengan letak wilayah yang tidak jauh jaraknya dari garis khatulistiwa, dengan berhias keunggulan sumber daya alam yang selalu tersedia dan melimpah ruah jumlahnya. Hal ini mengakibatkan masyarakat Indonesia seringkali hidup saling berdampingan dan saling bekerjasama. Indonesia sendiri sudah sepantasnya merasa bangga atas budaya yang dimilikinya, yaitu gotong royong. Yang kental, tumbuh dan hidup diantara khalayak masyarakat Indonesia.

Persatuan merupakan landasan semangat yang sejak dulu digaungkan oleh para pejuang bangsa untuk membangun Indonesia. Gotong royong secara hakiki berasal dari kata karyo dan gawe, Dengan artian yaitu bekerja bersama-sama, saling membantu, bahu-membahu, bekerjasama, musyawarah untuk mufakat, dan saling menghargai sebagai bangsa. Gotong royong juga sering dimaknai sebagai sarana untuk mempersatukan berbagai macam perbedaan yang hidup pada teritorial suatu bangsa.

Sedangkan pengaruh lajunya arus globalisasi yang didukung dengan maraknya gelombang modernisasi, telah mengakibatkan terciptanya suatu proses dimana setiap individu, kelompok, maupun suatu negara berhasil terlepas dari adanya suatu tembok halangan besar, Sehingga setiap dari mereka mampu untuk saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain bahkan melintasi batas teritorial tertentu. Dampak kemajuan yang baik ini di lain sisi juga didukung dengan tumbuhnya sikap dan kebiasaan buruk yang baru, yaitu egoisme dan individualisme yang muncul dari setiap pribadi masyarakat Indonesia.

Individualisme merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Individualisme dapat diartikan sebagai paham yang mementingkan diri sendiri, egois, tidak peduli dengan lingkungannya terutama lingkungan masyarakat maupun organisasi. Dan diartikan juga sebagai suatu kondisi ketika ikatan sesama individu dalam sebuah masyarakat mulai hilang, dan perhatian individu hanya terpusat pada dirinya sendiri dan keluarga intinya saja.

Individualisme dinilai tidak selaras dengan budaya Indonesia yang telah mendarah daging dan dinilai tidak gotong royong, dikarenakan sikap individualisme sendiri dapat memudarkan rasa solidaritas, kesetiakawanan sosial, dan musyawarah mufakat antar masyarakat. Hal ini juga tidak sejalan dengan unsur nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia, khususnya yang tertera pada nomor tiga yang berbunyi: “Persatuan Indonesia”. Sikap individualisme ini dapat terlahir kapan saja, dimana saja, dan berbaur dalam derit nadi kehidupan bangsa seiring terjadinya perubahan kondisi sosial yang terjadi diantara masyarakat. Dan diantara pengaruhnya adalah masalah perspektif-perspektif atau asumsi yang muncul di kalangan masyarakat. Sikap individualis cenderung terjadi karena perilaku bawaan kesadaran suatu pribadi yang tidak memahami kondisi masalah, Serta sikap malas yang juga dapat menyebabkan seseorang lebih menyendiri sehingga mengakibatkan timbulnya sikap individualis.

Beberapa teori menyebutkan bahwa pengaruh individu dalam bersifat individualis kemungkinan besar mempengaruhi tingkah laku yang mengarah kepada terganggunya watak dan batin atau sakit mental. Diantara sikap-sikap individualisme yang tercermin jelas dalam kehidupan mesyarakat akhir ini adalah:

1. Egoisme dan Mendahulukan kebutuhan pribadi daripada kepentingan kelompok

Pandemi Covid-19 yang mewabah di kalangan masyarakat dirasa belum berhasil mempersatukan rakyatnya satu sama lain. Hal ini tercerminkan dalam tindak tanduk mereka yang lebih memilih untuk menimbun bahan pangan yang dimilikinya ketimbang memperdulikan keadaan sekitar. Dan tercermin juga dari perilaku bermasyarakat yang lebih memilih untuk diam ketimbang memberikan pertolongan ketika tetangga seberangnya terjangkit virus tersebut.

2. Mudah terpengaruh oleh pendapat publik dan termakan oleh berita palsu

Teknologi mempermudah siapapun dalam mengakses informasi. Berita buruknya, maraknya informasi tidak selalu menguntungkan para pembacanya. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia masih memiliki kemampuan yang rendah untuk berfikir kritis dalam memilah informasi secara jelas. Dampaknya kebanyakan dari pribadi yang enggan untuk berinteraksi sedangkan ia selalu menerima informasi secara bebas, berakibat mudah untuk terjangkit HOAX dan berita palsu yang bertebaran di kalangan platform digital.

3. Kehilangan rasa solidaritas

Untuk menerapkan budaya gotong royong, maka dibutuhkan pribadi sosial dengan rasa solidaritas yang tinggi, seperti istilah pepatah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Apabila rasa solidaritas telah hilang dari khalayak masyarakat, maka yang timbul hanyalah pribadi pribadi individualis dengan rasa ketidakperdulian dan egoisme yang tinggi antar sesama.

4. Kesulitan dalam bersosialisasi

Dampak dari pribadi individualis yang paling jelas dan tampak dari perangainya yaitu, sikapnya enggan untuk berkomunikasi dan memiliki rasa kesulitan dalam bersosialisasi. Manusia sebagai makhluk sosial pasti tidak akan terlepas dari kepentingannya satu sama lain. Maka apabila setiap individunya mendahulukan kepentingan pribadi masing masing, yang terjadi hanyalah ritme kehidupan yang tidak kolektif. Dan tidak jarang setiap dari mereka memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi antar sesama.

Oleh karena itu, Semangat gotong royong baik untuk disuarakan kembali dalam nadi kehidupan masyarakat Indonesia, ketimbang menangung nasib apabila budaya yang mengakar tersebut di bumihanguskan. Untuk mencapai tujuan utama yaitu kesejahteraan umum rakyat Indonesia. Masyarakat Indonesia yang amat menjunjung tinggi gotong royong juga merupakan bukti nyata hubungan antar sesama yang tidak sekedar bersifat lahiriyah, karena sedari lahir kodrat manusia adalah mengakui kebersamaan. Kerja sama masyarakat Indonesia yang sedemikian juga bukan didasarkan oleh kepentingan, melainkan karena sukarela. Pesona manusia Indonesia bukan ditempatkan terpisah dari masyarakat, melainkan terintegrasi secara utuh di dalamnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image