Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Begini Cara Membuat Molase Untuk Pakan Ternak Berkualitas Sendiri

Bisnis | Friday, 11 Feb 2022, 13:39 WIB

Molase adalah produk sampingan yang berasal dari pengolahan gula tebu. Siapa sangka, produk sampingan ini ternyata masih banyak kandungan nutrisi yang baik untuk ternak.

Beberapa jenis ternak ikan yang sering mendapatkan asupan makanan yang berasal dari campuran molase ini antara lain ikan lele, gurame dan ikan mas. Cara membuat molase untuk pakan ternak ini pun tidak terlalu sulit.

Cukup menggunakan bahan dan alat yang sederhana, maka molase yang berkualitas bisa dihasilkan dengan mudah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Simak ulasan berikut ini hingga selesai!

Karakteristik Molase yang Baik

Molase atau yang dikenal dengan tetes tebu memiliki kandungan gula dan asam-asam organik yang cukup tinggi. Bahkan kandungan sukrosa ada tetes tebu bisa mencapai 48% hingga 55%. Tekstur kental dengan warna coklat kehitaman merupakan karakteristik utama yang dimiliki molase. Nah, karakteristik molase dianggap baik jika memenuhi beberapa hal sebagai berikut:

1. Molase Tidak Mengalami Kerusakan

Kondisi molase tentu akan memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Molase yang rusak tentu sangat berbahaya jika diberikan kepada ternak, bahkan bisa membuatnya keracunan.

Nah, ciri molase yang rusak bisa diketahui dari kondisi fisik dan kimia. Untuk mengecek kualitas molase secara fisik bisa melalui bau dan warna yang dimiliki. Molase yang baik akan berwarna coklat pekat dengan bau manis yang khas. Nah, untuk kandungan kimia tidak bisa dicek biasa, diperlukan analisis laboratorium untuk mengeceknya..

2. Kandungan Gula yang Tinggi

Karakteristik molase yang baik selanjutnya ditentukan oleh kandungan gula di dalamnya. Semakin tinggi kandungan gula pada molase, maka semakin baik kualitas molase tersebut. Sama halnya dengan kandungan kimia, untuk mengetahui jumlah gula di dalamnya, tentu perlu pengecekan khusus melalui laboratorium.

3. Memiliki Kepekatan yang Tinggi

Karakteristik ketiga yang menentukan kualitas molase baik adalah tingkat kepekatan. Kondisi ini bisa dilihat dari kekentalan molase tersebut. semakin kental molase tentu semakin baik kualitas yang dimiliki molase.

Begini Cara Buat Molase Sendiri di Rumah

Harga molase yang terus melambung, tentu membuat para peternak berpikir dua kali untuk membelinya. Namun, tidak perlu khawatir, peternak bisa mengakalinya dengan membuat molase sendiri di rumah. Nah, simak cara membuat molase untuk pakan ternak berikut ini:

1. Siapkan Bahan Baku

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan pembuatan molase yakni dengan menyiapkan bahan baku. Sediakan gula pasir atau gula merah sebanyak 500 gram. Sediakan pula air sebanyak 500 ml sebagai bahan pelarut dalam pembuatan molase.

2. Siapkan Peralatan

Jika semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya yakni menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat molase. Peralatan yang dibutuhkan yakni sebagai berikut:

● Spatula kayu.

● Panci sebagai wadah untuk memasak molase.

Pastikan semua peralatan tersebut bersih untuk menghindari kontaminasi bakteri pada molase. Bila perlu rebus panci dan spatula yang akan digunakan untuk membuatnya.

BACA JUGA: Ternak burung paling cepat panen

3. Lakukan Pengolahan

Nah, jika semua sudah disediakan, maka langka paling penting dalam pembuatan molase tentu pada proses pengolahannya. Untuk cara pengolahan yang benar, ikuti beberapa step di bawah ini:

● Panaskan air sebanyak 500 ml yang telah disiapkan sebelumnya hingga benar-benar mendidih.

● Setelah air mendidih, masukkan gula pasir atau gula merah yang disediakan sebelumnya.

● Aduk hingga larut dan homogen dengan air.

● Jika dirasa sudah benar-benar homogen, maka matikan kompor dan dinginkan larutan tersebut.

● Lakukan pendidihan kembali hingga 2 atau tiga kali didihan.

● Jika hasil didihan sudah cukup pekat dan hitam, maka angkat dan dinginkan.

● Simpan molase di tempat tertutup.

Itulah pembahasan mengenai cara membuat molase untuk pakan ternak berkualitas sendiri di rumah paling mudah dan murah. Pastikan hasil dari pengolahan bahan baku molase sesuai dengan karakteristik yang telah dijelaskan sebelumnya sebagai kontrol kualitas molase yang dibuat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image