Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Watie Soebandhi

Tips Menjaga Kesehatan Anak Di Masa Pandemi

Gaya Hidup | Thursday, 10 Feb 2022, 11:32 WIB

Daya tahan tubuh anak perlu dijaga dan diperkuat, terutama di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung saat ini juga berpengaruh pada rutinitas anak-anak harian biasanya. Semua kegiatan dilakukan di rumah. Anak pun jadi kurang bergerak dan lebih banyak main gadget di rumah. Tanpa disadari, hal ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan anak. Menjaga kesehatan anak menjadi langkah penting agar imunnya tetap kuat.

Untuk dapat meminimalisir adanya risiko anak terinfeksi virus, kesehatan anak harus diperhatikan dan terjaga dengan baik. Berikut tips untuk menjaga kesehatan anak di masa pandemi yang dapat dilakukan para orangtua:

1. Mengajarkan anak menerapkan protokol kesehatan

Di era kebiasaan baru, gaya hidup pun berbeda. Anak diajarkan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas diluar rumah.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bersih

Saat masa pandemi, anak harus mendapatkan makanan dengan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Tidak hanya itu, pengolahan dan bahan makanannya juga harus bersih.

3. Menjaga Kebersihan Rumah

Saat sedang melakukan social distancing, semua kegiatan difokuskan di rumah. Mulai dari belajar, bekerja, beribadah, dan bermain semua dilakukan dirumah. Maka dari itu, kebersihan rumah mulai dari peralatan makan dan minum, mainan anak, lingkungan, setiap ruangan rumah, dan perkakas dirumah harus selalu dijaga untuk meminimalisir risiko tertular penyakit.

4. Memantau Mental Anak

Pandemi tentunya membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah perubahan pola kegiatan dan ruang gerak anak yang menjadi terbatas. Anak-anak tidak bisa lagi bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Semua kegiatan bermainnya dilakukan di dalam rumah untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Hal ini tentunya membuat anak merasa bosan jenuh. Maka dari itu, mental juga penting dan harus selalu dipantau oleh para orangtua agar anak tetap merasa senang dan tidak berpengaruh pada imun anak selama dirumah saja.

Jika anak sudah mulai bosan, lakukan hal-hal yang bisa mengalihkan rasa bosan dan jenuh anak pada kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Misal, membuat mainan dari barang yang ada dirumah, menggambar, melukis, berkebun, atau membuat kue.

5. Istirahat Yang Cukup

Kurang tidur dapat menghambat produksi sitokin, yaitu protein yang berfungsi untuk melawan infeksi dan meredakan peradangan. Kondisi ini bisa membuat daya tahan tubuh anak melemah. Maka dari itu, anak harus mendapatkan istirahat yang cukup agar kesehatannya tetap terjaga.

6. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Untuk membantu menjaga kesehatan anak dimasa pandemi seperti saat ini, selain menjaga asupan nutrisi, aktivitas olahraga juga penting untuk dilakukan. Olahraga yang dapat dilakukan di rumah antara lain jalan kaki, lari, lompat, dan bulutangkis.

Salah satu olahraga kegemaran anakku akhir-akhir ini adalah olahraga bulutangkis. Setiap pagi sudah pukul shuttlecock dengan raket di halaman rumah. Jadi, setiap weekend kami sekeluarga mengadakan lomba bulutangkis. Walaupun hanya bertiga, tapi kegiatan ini sangat menyenangkan. Tujuannya adalah agar anak semakin bersemangat berolahraga dan pastinya imunitas tubuh semakin terjaga.

Anakku suka olahraga bulutangkis berawal dari menonton pertandingan bulutangkis dunia tahun lalu bersama IndiHome Internet Cepat. Sejak saat itu, anakku selalu suka menonton pertandingan olahraga bulutangkis. Sampai dibelikan raket dan shuttlecock untuk bermain bulutangkis dirumah.

Mewujudkan Mimpi Melalui IGBA

Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia. Banyak para atlet bulutangkis yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Salah satunya adalah atlet bernama asli Marcus Fenaldi Gideon yang merupakan pemain ganda putra berpasangan dengan Kevin Sanjaya yang identik dengan julukan The Minions.

Setiap anak wajib untuk punya mimpi. Dari mimpi Sang Ayah, Kurniahu Gideon yang seorang pelatih bulutangkis juga lah Marcus Gideon membangun sebuah akademi bulutangkis. Siapa sangka, dari sebuah mimpi Marcus Gideon memberi jalan untuk mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia yang bercita-cita menjadi atlet bulutangkis.

Untuk para generasi penerus yang ingin menjadi seperti Markus Gideon ada kabar gembira nih. IndiHome sebagai Internetnya Indonesia dan Markus Gideon akan mewujudkan dan membantu mimpi serta cita-cita anak-anak Indonesia sebagai atlet bulutangkis melalui event “IndiHome Gideon Badminton Academy” atau IGBA. IndiHome Gideon Badminton Academy atau IGBA merupakan sebuah kompetisi bulutangkis tingkat nasional bagi anak-anak Indonesia agar kelak dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah nasional maupun internasional.

Tunggu apa lagi, segera daftarkan anak, keponakan, sepupu, atau saudara yang jago main bulutangkis dengan usia minimal 16 tahun siapa tahu jadi atlet bulutangkis kebanggan Indonesia di masa depan. Batas pendaftaran sampai tanggal 14 februari 2022. Hadiahnya adalah mendapatkan beasiswa di IndiHome Gideon Badminton Academy selama 1 tahun. Wah, menarik sekai bukan? Untuk syarat dan ketentuan, bisa langsung klik link https://www.indihome.co.id/igba .

Yuk, daftar sekarang mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi nih untuk mewujudkan mimpimu jadi kenyataan!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image