Bantu Sempurnakan Hafalan Siswa, STP Khoiru Ummah Jember Rutinkan Murojaah Kubro

Image
Santuso
Eduaksi | Tuesday, 08 Feb 2022, 14:00 WIB
Ustad Herman Santoso tengah memimpin murojaah kubro, Jumat (28/1/2022)

Jumat (28/1/2022) kemarin berbeda dari sebelumnya di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember tingkat SD. Para siswa berangkat ke sekolah lebih pagi karena mengikuti kegiatan murojaah kubro. Kegiatan yang berupa membaca satu juz Al-Qur’an secara bersama-sama di aula sekolah itu dipimpin langsung oleh koordinator tahsinul Qur’an, Ustad Herman Santoso.

Kegiatan murojaah kubro akan dirutinkan setiap Jumat pagi dari pukul 06.00 sampai 07.30 WIB. Setelah murojaah kubro, siswa istirahat sebentar dan lanjut mengikuti KBM pada pukul 07.45.

Kepala STP Khoiru Ummah Jember, Yuniar Firdaus mengatakan, pandemi memberikan efek negatif bagi siswa terutama pada aspek kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur’an mereka. Untuk itu, perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah tersebut. “Kami mengagendakan murojaah kubro ini tujuannya ialah untuk menyempurnakan hafalan mereka karena dapat membantu siswa dalam mengingat kembali hafalan mereka,” tuturnya.

Dokumentasi siswa perempuan sedang membaca al-Qur'an bersama-sama saat murojaah kubro berlangsung

Untuk sementara, di sekolah ini masih menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Siswa yang mengikuti PTM terbatas dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas bawah (kelas 1-3) dan kelas atas (kelas 4-6). Masing-masing kelompok kelas mengikuti PTM terbatas selama seminggu dan bergantian.

Oleh karena itu, murojaah kubro yang perdana ini diikuti oleh siswa kelas 4-6. Untuk pekan depan, yaitu pekan awal Februari, murojaah kubro akan diikuti oleh siswa kelas 1-3 karena pada waktu itu mereka akan mengikuti KBM di sekolah.

Yang menjadi fokus pada murojaah kubro untuk kelas bawah yaitu juz 30 dan 29. Adapun untuk kelas kibar, mereka fokus murojaah juz 29 dan 28.

Murojaah merupakan aktivitas membaca kembali surat-surat Al-Qur’an yang sudah dihafal. Murojaah adalah kunci utama bagi seorang penghafal Al-Qur’an dalam mempertahankan kualitas hafalannya.

Dokumentasi siswa laki-laki sedang membaca al-Qur'an bersama-sama saat murojaah kubro berlangsung

Salah satu siswa kelas 5 yang hafalannya sudah genap 6 juz, Mush’ab Husni Ubaidillah menceritakan pengalamannya menjadi penghafal Al-Qur’an. Selain menambah hafalan baru, dia juga rutin murojaah surat-surat lama yang sudah dihafal. “Setiap selesai sholat wajib lima waktu, aku murojaah seperempat juz sampai setengah juz Al-Qur’an,” katanya.

Mush’ab menambahkan, tips agar tetap semangat dalam menambah hafalan dan murojaah yaitu dengan membatasi pemakaian gawai atau ponsel pintar. Terlalu sering menggunakan gawai dapat teralihkan fokusnya dari belajar maupun menghafal Al-Qur’an. “Kalau aku main hape hanya di akhir pekan saja,” ungkapnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher, reporter, blogger - mistertuso.my.id

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image