Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukaromah_MTsN 3 Bantul

Implementasikan Wahyu Pertama Al Qur'an, MTsN 3 Bantul Gelar Tradisi Ilmiah

Eduaksi | 2022-02-04 12:59:08
Antusias siswa MTsN 3 Bantul dalam mengikuti kegiatan literasi

Bantul (MTsN 3 Bantul). Ikhtiar mewujudkan madrasah yang menjunjung tinggi tradisi ilmiah, MTsN 3 Bantul gelar kegiatan literasi yang diikuti oleh seluruh civitas akademika MTsN 3 Bantul yang terdiri dari guru, pegawai, dan siswa kelas 7 hingga kelas 9.

Membaca merupakan pintu utama dan pertama dalam memahami ilmu pengetahuan. Sebagaimana Wahyu pertama yang turun ialah Qs. Al 'Alaq ayat 1-5 yang diawali dengan lafadz Iqra' yang dita'kid dengan fi'il Amr sebagai wujud perintah Allah kepada makhluk Nya. Hal tersebut menunjukan bahwa membaca merupakan sesuatu hal yg penting dalam kehidupan manusia.

Dengan membaca, maka akan memiliki wawasan luas, sehingga optimis dalam menatap masa depan. Membaca merupakan salah satu langkah untuk mensukseskan literasi yang lain seperti menulis. Dengan berbekal membaca, maka akan dapat memproduksi kata menjadi paragraf. Maka, membaca menjadi pijakan pertama dalam tradisi ilmiah.

Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari, S.Pd.Si yang pernah menjuarai penelitian tindakan kelas, mengapresiasi penuh kegiatan literasi Jumat cerdas ini dengan harapan kegiatan literasi ini dapat memperluas wawasan dan cakrawal berpikir peserta didik. "Kegiatan literasi setiap Jumat pekan pertama merupakan usaha bersama untuk menumbuhkan semangat dan spirit tradisi ilmiah bagi peserta didik", ujar Sugeng. (muk)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image