Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Balqis Willems

Mari Mengenal CSR atau Coorporate Social Responsibilty Pada Perusahaan

Bisnis | Thursday, 03 Feb 2022, 20:52 WIB

Sebelum membahas CSR lebih lanjut alangkah baiknya apabila kita mengenal terlebih dahulu apa itu CSR. Coorporate Social Responsibilty adalah tanggung jawab sosial perusahaan yang mana CSR ini merupakan pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi kepada pembangunan yang berkelanjutan, demi memberikan manfaat dalam bidang ekonomi, sosial, maupun lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Adapun teori Stakeholder dalam CSR. Menurut Ghozali dan Chariri 92007) menyatakan bahwa teori stakeholder menjelaskan apabila perusahaan bukanlah entitas yang hanya beroperasi untuk kepentingannya sendiri tetapi juga memberikan manfaat bagi stakeholdernya. maka dari itu pertanggungjawaban perusahaan yang dulunya diukur sebatas indikator ekonomi kini harus memperhatikan faktor-faktor sosial, baik secara internal maupun eksternal. Hubungan stakeholder dengan perusahaan bisa dideskripsikan sebagai hubungan pertukaran.

Masyarakat umum di sini dipandang sebagai stakeholder karena mereka membayar pajak yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur nasional sehingga dapat beroperasi dengan baik.

CSR juga diimplemntasikan melalui tiga domain yakni, sosial, ekonomi, serta lingkungan. Aktivitas CSR dikemukakan oleh Elkington, dimana sebuah perusahaan yang menunjukkan tanggung jawab sosialnya akan memberikan perhatian kepada peningkatan kualitas perusahaan (profit), masyarakat (people), serta ligkungan hidup (planet). Selain mengejar profit, perusahaan juga harus memperhatikan dan terlibaat dalam pemenuhan kesejahteraan masyarakat, turut berkontribusi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Proses dari implemnatasi ini tentunya juga memiliki strategi yang tepat agar dapat terlaksana dengan baik. Menurut David (2009:7) implementasi strategi yaitu penugasan kembali kepada para pemimpin perusahaan baik di tingkat korporat maupun tingkat unis bisnis untuk mengkomunikasikan dan mengimplementasikan strategi bersama-sama para karyawan. Implementasi strategi juga melibatkan pengembangan kebijakan fungsional, struktur organisasi, iklim, dan membantu tercapainya tujuan perusahaan.

Setelah semua dilakukan tahap berikutnya adalah laporan CSR. Laporan berguna untuk menginformasikan serta mengkomunikasikannya kepada stakeholder. Maka dari itu pelaporan memiliki peran yang penting, dan bermanfaat bagi perusahaan. Laporan ini akan meningkatkan reputasi perusahaan secara nyata.

Alurnya ialah berawal dari suatu perusahaan sadar akan dampak operasional yang dilakukan, kemudian berinisiatif melakukan sesuatu, dalam hal ini berupa perencanaan program CSR ditambah dengan anggaran yang berguna mengoptimalkan nilai inisiatif dari sebuah aktivitas. Laporan tersebut dibuat dan disampaikan kepada pemangku kepentingan. Nah, media penyampaiannya bisa disatukan dengan laporan kerja tahunan atau biasa dikenal dengan annual report. Tapi, bisa juga kok dibuat dalam bentuk terpisah atau tersendiri. Perlu diingat kalau laporan CSR ini berperan besar bagi perusahaan untuk mempublikasikan praktek-praktek CSR kepada stakeholder.

Segitu dulu ya, penjelasannya dari author. Semoga bisa menambah wawasan kalian semua! Salam hangat! Tetap semangat and stay healthy everyone!!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image