Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Lakukan Proving Flight, TransNusa Siap Mengudara Lagi

Info Terkini | Thursday, 03 Feb 2022, 13:35 WIB

Menjelang kembali mengudara di langit Indonesia, maskapai TransNusa melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) – ke Yogyakarta International Airport (YIA) pada Kamis (3/2/2022) pagi. Siang hari uji terbang ini kemudian dilanjutkan dari CGK ke Bandara El Tari Kupang (KOE). Berdasarkan jadwal terbang dari CGK ke YIA sekitar 8.15 WIB. Sementara dari CGK ke KOE sekitar 12.30 WIB.

Kegiatan proving flight ini dikabarkan e-koran Apron IDN yang mengutip akun instagram @transnusa.idn.

E-koran Apron IDN mengabarkan proving flight TransNusa

TransNusa dengan pesawat Airbus A320 NEO dan nomor penerbangan 8B556 sukses mendarat di landas pacu (runway) YIA. Bandara ini mempunyai panjang runway 3.250 meter, lebar 45 meter, dan shoulder (bahu runway) 15 meter di setiap sisi. Spefisikasi runway ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380.

Sebagai informasi, proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan sebuah rute baru, dalam hal ini kaitannya dengan pengoperasian bandara.

Seremonial proving flight di YIA ( Foto: Dok YIA)

Adapun setelah proving flight ini berlangsung, TransNusa akan mengoperasikan rute penerbangan komersial. Belum jelas rute pada penerbangan perdana. Bisa jadi CGK-YIA dan CGK-KOE sebagaimana proving flight tersebut. Apalagi selama ini TransNusa dikenal banyak melayani rute Indonesia bagian Timur.

Sempat Terhenti

Sebelumnya dikabarkan PT TransNusa Aviation menjadwalkan untuk memulai kembali aktivitas penerbangannya pada Februari 2022 setelah menghentikan operasinya sementara waktu pada awal September 2020.

Manajemen TransNusa menjelaskan hingga kini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk bisa mengudara. Salah satu tahap adalah dengan mengajukan kembali sertifikasi operator penerbangan (Air Operator Certificate/AOC). Diperkirakan setelah mengajukan proses AOC kembali, TransNusa dapat kembali melayani penerbangan pada Februari 2022. Proving flight tersebut menguatkan rencana TransNusa terbang lagi pada waktu dekat. Kita tunggu saja.(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image