Axiata dan EXCL Sepakat Ambil Alih Saham LINK Mencapai 66,03 Persen

Image
Kamaruddin
Bisnis | Thursday, 27 Jan 2022, 21:08 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata | Foto : Bisnis

Axiata Group Berhad (Axiata) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengumumkan penandatanganan Perjanjian Jual-Beli Saham Bersyarat (PJB) untuk secara bersama-sama mengambil alih 66,03 persen saham dengan hak suara yang telah disetor penuh dalam PT Link Net Tbk (LINK) yang dimiliki Asia Link Dewa Pte Ltd dan PT First Media Tbk (KBLV).

Menurut Presiden Direktur & CEO EXCL, Dian Siswarini dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (27/1), harga pembelian yang disepakati senilai Rp4.800 per saham biasa pada LINK atau sebesar Rp8,72 triliun.

"Seiring dengan meningkatnya permintaan layanan digital, XL Axiata bersiap untuk mewujudkan visi kami untuk menjadi operator konvergensi terkemuka di Indonesia. Sinergi yang akan dibuka melalui kolaborasi dengan Link Net ini menghadirkan proposisi yang menarik, mengingat hal ini menjadi kesempatan untuk menggabungkan kekuatan dalam konektivitas seluler, layanan broadband berbasis kabel dan konten," papar Dian.

Berdasarkan ketentuan PJB, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd yang merupakan anak perusahaan tidak langsung Axiata dan EXCL akan memiliki saham masing-masing 46,03 persen dan 20 persen dari gabungan keseluruhan saham sebesar 66,03 persen dalam LINK yang dimiliki Asia Link Dewa dan KBLV.

Maka, Axiata Investments (Indonesia) akan diwajibkan untuk melakukan penawaran tender wajib (Mandatory Tender Offer/MTO) untuk membeli sebanyak 33,97 persen saham LINK yang tersisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Rencana pengambilalihan maupun rencana MTO diharapkan bisa selesai pada Kuartal III-2022, dan akan menyesuaikan dengan perkembangan pemenuhan persyaratan untuk penyelesaian transaksi, termasuk perolehan persetujuan dari regulator dan pemegang saham. Rencana transaksi ini akan didanai melalui kombinasi dana internal dan/atau pinjaman bank, yang proporsinya akan ditentukan kemudian.

"Selain menggandakan segmen yang berkembang pesat di salah satu pasar utama kami, investasi kami ke Link Net selaras dengan aspirasi Axiata untuk mendukung inklusi digital, seiring dengan semakin berkembangnya masyarakat dan bisnis di wilayah Asia secara digital," kata Presiden & Group CEO Axiata, Dato' Izzaddin Idris.

Izzaddin mengatakan, EXCL dan LINK berada di tempat yang baik untuk menghasilkan sinergi melalui kekuatan bersama dalam layanan komunikasi tanpa kabel, hubungan yang erat dengan pelanggan di Indonesia dan kerja sama strategis yang kuat. "Kami juga mengakui pengelolaan kekayaan dan pengalaman operasional karyawan Link Net dan menyambut mereka menjadi bagian dari perjalanan untuk tumbuh bersama," ucapnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mengingat bersama dengan menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Yuk Main Ke Candi Geneng, Situs Pertirtaan Yang Diduga Peninggalan Kerajaan Kadiri

Image

Teks Ulasan (Lengkap): Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Image

Kembali Bahagia, Komedian Vico Bean Pamerkan Potret Keluarga Kecilnya

Image

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Kalapas Ajak Untuk Bangkit Bersama

Image

Pangeran Benowo Cucu Raden Fatah dan Makamnya di Jombang Jawa Timur

Image

Wahai Umat Islam Jangan Takut Berorganisasi/Bertandzim

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image