Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LIPA EFIYANI KOMALA

Makhluk Laut yang Bisa Sembuhkan Penyakit Kronis dan Bikin Awet Muda!

Gaya Hidup | 2024-10-01 11:26:18
Mongabay

JAKARTA - Beberapa minggu ini teripang kerap kali di perbincangkan. Sebenarnya ada apa sih dengan makhluk laut yang satu ini?. Teripang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan "timun laut", merupakan sejenis invertebrata yang hidup di dasar laut. Makhluk ini memiliki tekstur tubuh yang lembut dan kenyal. Teripang sering ditemukan di perairan Indo-Pasifik dan telah lama dimanfaatkan oleh berbagai budaya, terutama di Asia, untuk pengobatan tradisional.

Bagi sebagian besar orang, teripang mungkin hanya terlihat seperti makhluk laut biasa yang sering diabaikan. Tapi, tahukah Anda bahwa teripang memiliki khasiat luar biasa yang mampu mengobati penyakit kronis dan bahkan membuat kulit Anda tampak lebih muda? Jangan sampai ketinggalan untuk mengetahui fakta-fakta mengejutkan tentang hewan laut yang satu ini, yang juga didukung oleh berbagai penelitian ilmiah!

Manfaat Teripang untuk Kesehatan: Terbukti atau Mitos?

Penelitian modern mengungkapkan bahwa teripang kaya akan senyawa bioaktif seperti saponin, mukopolisakarida, asam lemak omega-3, dan kolagen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Misalnya, Dr. Paul Alan Cox dan timnya dari Institute for Ethnomedicine di AS menemukan bahwa teripang dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka berkat kandungan glikosida triterpen.

Selain itu, penelitian yang dipimpin oleh Dr. Ahmed Barkhudary dari University of Prince Edward Island, Canada, menunjukkan bahwa senyawa frondoside A pada teripang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada payudara, prostat, dan kulit. Tim peneliti dari Kyung Hee University, Korea Selatan, juga menemukan bahwa teripang bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan tekanan darah karena kandungan asam lemak omega-3.

Tak hanya itu, studi oleh Dr. May Lee dari National University of Singapore menunjukkan bahwa kolagen dalam teripang dapat menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kerutan, menjadikannya bahan potensial untuk perawatan anti-penuaan. Bukti-bukti ini mengonfirmasi bahwa teripang memang lebih dari sekadar makhluk laut biasa!

Bagaimana Cara Mengonsumsi Teripang?

Teripang bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, baik sebagai makanan maupun suplemen. Biasanya, teripang diolah menjadi ekstrak atau bubuk yang dapat dicampurkan ke dalam minuman. Namun, pastikan Anda hanya membeli produk teripang dari sumber yang terpercaya, karena kualitasnya bisa sangat bervariasi.

Youtube/MAYA Cooking

Teripang bukanlah sekadar makhluk laut tak berdaya yang tinggal di dasar laut. Dengan segudang manfaat kesehatan dan potensi anti-penuaan yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah, tidak heran jika makhluk ini dijuluki sebagai "Emas dari Laut". Jadi, apakah Anda masih meremehkan teripang? Pertimbangkan lagi, karena mungkin saja rahasia hidup sehat dan awet muda ada di dasar laut sana!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image