Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Depok Sehat

Memanfaatkan Teknologi untuk Kampanye Kesehatan

Info Sehat | Thursday, 26 Sep 2024, 15:51 WIB

Dinas Kesehatan Kota Depok menyelenggarakan acara Grand Final Duta Kesehatan Tingkat Kota Depok Tahun 2024 pada 25 September 2025 di Gedung Balaikota, Depok, Jawa Barat. Para duta kesehatan kota Depok yang terpilih diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

“Dengan kemajuan teknologi, diharapkan ada promosi kesehatan yang bisa dilakukan, terutama kepada anak-anak kita, terutama SD-SMA akan menjadi generasi emas pada tahun 2045,” ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Nina Suzana, ketika memberikan sambutan.

Menurut Nina, para remaja yang saat ini duduk dibangku sekolah nantinya akan mengisi pembangunan di masa depan. Sehingga diharapkan kondisi kesehatan mereka terjaga karena merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk meraih Indonesia Emas tahun 2045.

“Untuk itu harus kita siapkan duta kesehatan yang nanti bisa menjadi agent of health yang ada di masayrakat,” ucapnya.

Nina menambahkan, kesehatan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan Kota Depok. Namun saat ini tantangan kesehatan yang dihadapi semakin kompleks, mulai dari penyakit menular hingga penyakit gaya hidup, dari masalah kesehatan fisik hingga mental, semuanya menuntut perhatian dan solusi yang serius.

Oleh karena itu, peran serta masyarakat, terutama generasi muda, menjadi sangat penting dalam mendukung terciptanya lingkungan yang sehat. Salah satunya, kata Nina, perlu dilakukan peningkatan edukasi kesehatan melalui remaja sehingga diharapkan dapat tersampaikan kepada orang tua.

”Peran generasi muda sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. Jika orang tua kurang peduli, maka melalui anak- anak bisa mengingatkan, jadi penting membiasakan anak-anak kita untuk menerapkan pola hidup sehat,” tutur Nina.

Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Yuliandi, dalam laporannya menyampaikan, total peserta yang ikut pemilihan duta kesehatan kota Depok berjumlah 39 orang, terdiri dari 29 perempuan dan 10 laki-laki. Setelah dilakukan seleksi, maka dipilih 5 peserta untuk masuk sesi Grand Final yang selanjutnya akan ditetapkan juara 1, 2 dan 3 Duta Kesehatan Putra dan Putri terbaik di Kota Depok.

Menurut Yudi, kekuatan generasi muda yang kritis dalam pembangunan serta kemampuan menggunakan teknologi informatika saat ini melalui media sosial, diharapkan dapat menjadi solusi upaya penanganan masalahan kesehatan yang akan sampai ke masyarakat luas.

“Maka dengan demikian Dinas Kesehatan Kota Depok mengadakan kegiatan pemilihan duta kesehatan sebagai upaya aktif para generasi muda Kota Depok untuk ikut berperan serta dalam perberdayaan masyarakat, sebagai promotor kesehatan dalam rangka mengabdikan diri membantu mensukseskan program-program kesehatan pemerintah,” kata Yudi.

Berikut nama-nama pemenang Duta Kesehatan Tingkat Kota Depok Tahun 2024:

Juara I Putra : Ilham Cahyo

Juara I Putri : Alyani Yasmin

Juara II Putra : Alidan Matondang

Juara II Putri : Ni Luh Arum

Juara III Putra : Agung Nugroho

Juara III Putri : Gita Fitri Cahyani

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image