Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Widiarini

Bersatu Dalam Karya Sinergi Gubah Rasa

Sastra | Sunday, 23 Jan 2022, 19:43 WIB

Keberlangsungan pendidikan di Indonesia mendapatkan angin segar saat pemerintah telah membukanya dengan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) Terbatas, September 2021 lalu. Semua kegiatan selama lebih enam belas bulan dengan pembelajaran jarak jauh alias daring telah membut kondisi pendidikan kita harus beradaptasi dengan pembelajaran yang tak biasa. Bersyukur PTMP telah dimulai secara bertahap, sehingga kegiatan pembelajaran berangsur-angsur berjalan normal kembali. Back to school.

Sebagai bagian dari proses pendidikan di madrasah, kelompok literasi MAN 2 Cilacap mulai kembali menata aktivitas secara langsung. Diawali dari momentum kegiatan pelita, pekan literasi aksara. Kegiatan pelita ini berupa beberapa perlombaan diantaranya cipta puisi, dan kreasi aksara jawa. Dalam keberlanjutan kegiatan pasca pelita, kelompok literasi ini menemukan bahwa ternyata banyak potensi para siswa MAN 2 Cilacap yang patut mendapat apresiasi. Oleh karenanya, muncullah ide untuk mengadakan kegiatan bertajuk event ekspresi literasi.

Pada Event ekspresi literasi ini menginginkan terkumpulnya karya para siswa dalam karya berbentuk puisi maupun cerita pendek (cerpen). "Pada event ini, kami mengajak para guru untuk berpartisipasi membuat karya puisi maupun cerpen", terang Ibu Widiarini, S.Pd selaku koordinator pembina literasi MAN 2 Cilacap. "Setelah naskah terkumpul dan kami seleksi, bagi naskah yang memenuhi ketentuan, insya Allah akan kami jadikan karya buku antologi," lanjut Ibu Lilis Nurmaliyah, S.Pd yang merupakan guru Bahasa Indonesia sekaligus sebagai Pembina Literasi MAN 2 Cilacap.

Beberapa guru turut mengirimkan karya terbaik, diantaranya Bapak Agus Sopar, Ibu Margiati, Ibu Suwarti, Ibu Hj. Siti Rohanah, Ibu Nurlailatussaadah, Ibu Siti Qoriah Ulfah. Dan dalam menerbitkan buku ini, literasi MAN 2 Cilacap mengirimkan sebanyak 46 naskah puisi dan 11 karya cerpen melalui Komunitas Roemah Penulis dan mendapatkan izin dari CEO Ibu Vitriya Mardiyati.

Setelah melalui beberapa proses editing, ISBN, pencetakan naskah ke penerbit pada akhir Desember 2021 akhirnya melalui Komunitas Roemah Penulis ini, kelompok Literasi MAN 2 Cilacap bersyukur bisa mewujudkan impian berkarya bersama. Pertama buku antologi puisi berjudul Sinergi Gubah Rasa dan kedua buku antologi cerpen berjudul The First Gift. Atas terbitnya buku-buku ini, Bapak Kepala MAN 2 Cilacap, Drs Muntohar menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap upaya pengembangan literasi di Madrasah umumnya, khususnya di MAN 2 Cilacap.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image