Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ahmad muttaqillah Muttaqillah

Beberapa Kiat Meraih Juara Lomba GTK Berprestasi

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 22 Sep 2024, 09:58 WIB

Setiap tahun dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan penghargaan atas kompetensinya, Kemendikbud, Kemenag, dan lain-lain, mengadakan lomba Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) setiap tahun, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Dalam pada itu untuk meraih prestasi, tentu ada kiat-kiat tertentu yang dapat dijadikan rujukan oleh setiap peserta lomba. Pada tulisan ini akan menjelaskan kiat-kiat menjadi guru berprestasi berbagai tingkatan.

Ilustrasi juara 1 tingkat nasional dalam lomba GTK

Kiat pertama adalah para guru diharapkan memiliki salah satu produk antara lain, (1) karya inovasi pembelajaran; (2) karya tulis ilmiah; (3) best practice (pengalaman terbaik); (4) produk teknologi pendidikan; (5) buku atau modul pembelajaran; (6) inovasi dalam manajemen Pendidikan. Banyak lagi yang lainnya sesuai dengan kategori yang akan dilombakan.

Kiat kedua, para peserta lomba memiliki portofolio yang terdiri atas: (1) kualifikasi akademik; (2) Pendidikan dan pelatihan; (3) pengalaman mengajar; (4) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; (5) penilaian atasan dan pengawas; (5) prestasi dan karya akademik; (7) karya pengembangan profesi; (8) keikutsertaan dalam forum ilmiah; (9) keorganisasian, baik sebagai anggota atau pengurus; (10) dan penghargaan.

Kiat ketiga, ketika menghadapi lomba yang perlu dilakukan adalah (1) tenang dan percaya diri; (2) bersikap profesional; (3) menjawab pertanyaan dengan jelas; (4) memberikan yang terbaik.

Dalam kiat yang ketiga ini ketika melakukan presentasi peserta lomba diharapkan tenang dan percaya diri; fokus, rileks, dan percaya akan kemampuan diri sendiri. Berkenaan dengan sikap profesional peserta harus menghormati dewan juri dengan budi bahasa yang santun, gairah, senyum, dan pakaian yang sopan. Kemudian yang teakhir adalah memberikan yang terbaik yaitu tunjukkan kemampuan dan dedikasi terbaik untuk meraih hasil maksimal.

Kiat keempat adalah (1) Latihan: berlatihlah presentasi dengan percaya diri, suara lantang, dan bahasa yang mudah dipahami. (2) Penggunaan Media: gunakan media presentasi yang mendukung materi dan menarik perhatian juri. (3) Manajemen Waktu: kelola waktu presentasi dengan efektif, jangan melebihi waktu yang ditentukan.

Demikian sajian pengalaman penulis dalam lomba GTK berpreastasi peraih juara 1 tingkat nasional pada tahun 2023 yang lalu. Semoga bermanfaat bagi para peserta GTK Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image