Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bakti Bersama

Kenali Gempa Megathrust, Hal Apa Saja yang Harus Disiapkan

Edukasi | Wednesday, 18 Sep 2024, 11:10 WIB

Sudah diketahui bersama bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan aktivitas gempa bumi yang tinggi di dunia. Dalam hal ini disebabkan oleh tata letaknya berada diatas Cincin Api Pasifik yang mempunyai banyak lempeng tektonik yang bertabrakan (Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik).

Di pertengahan tahun 2024 ini, telah terjadi gempa tektonik yang paling kuat. Tepatnya di Jepang Wilayah Selatan dan diprediksi bahwa Indonesia akan mengalami kembali, setelah beberapa tahun yang lalu pernah terjadi, seperti di Aceh dan Padang. Tentunya akan menjadi perhatian semua kalangan untuk turut andil dalam menghadapi gempa tektonik ini.

Gempa tektonik ini biasa disebut dengan Gempa Megathurst. Gempa Megathrust adalah gempa bumi yang terjadi di zona subduksi dimana lempeng tektonik yang lebih berat menyelam di bawah lempeng yang lebih ringan. Hal ini dapat memicu tsunami besar.

Dalam hal ini tentunya membutuhkan persiapan fisik dan mental dalam menghadapi potensi gempa megathrust, diantaranya :

1. Pemahaman Risiko

Memahami risiko yang tentunya harus diketahui terkait wilayah daerah zona mana saja yang rawan gempa. Kemudian cari tahu secara umum dan spesifik terkait penanggulangannya.

2. Siapkan kit darurat

Kit darurat ini perlengkapan penting untuk bertahan selama 72 jam pasca gempa. Isinya termasuk : air, makanan, obat-obatan, perlengkapan darurat, pakaian, radio, dokumen penting.

3. Pastikan struktur bangunan dan perabotan aman gempa

Jika tinggal di area rawan gempa, pastikan rumah atau bangunan tempat tinggal mengikuti standar gempa. Selain itu, pasang pengaman pada perabotan berat agar tidak jatuh saat gempa terjadi.

4. Buat rencana evakuasi

Dengan mengetahui jalur evakuasi terdekat dan lokasi-lokasi aman dari tsunami dan dilengkapi dengan latihan simulasi evakuasi secara rutin bersama keluarga atau komunitas.

5. Persiapkan asuransi dan perlindungan finansial

Hal ini sebagai pertimbangan untuk memitigasi kerugian finansial setelah bencana.

Dengan persiapan yang matang dan kesadaran yang tinggi dapat mengurangi risiko dan dampak dari gempa megathurst. Meskipun hal tersebut tidak bisa diprediksi kapan becana tersebut akan terjadi.

https://www.laznasdewandakwah.or.id/Peduli-Gempa-Turki/2266?lz=ea00

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image