Kuliah Agama Harus Jadi Pendakwah? Simak Penjelasan Rektor Idaqu

Image
Institut Daarul Qur'an
Eduaksi | Saturday, 22 Jan 2022, 21:21 WIB

Dalam mempelajari ilmu agama, kamu juga bisa mengenyam pendidikan akademis lho! Kuliah di kampus yang memiliki jurusan Ilmu Agama Islam akan membuatmu paham tentang hukum dan aturan yang berlaku dalam sudut pandang agama Islam. Namun apakah dengan belajar tentang agama Islam kamu harus menjadi seorang guru atau pendakwah?

Yuk coba kita simak penjelasan dari Dr. Muhammad Anwar Sani, S.Sos.I., M.E. selaku Rektor dari Kampus Pembumi Al-Qur’an, Institut Daarul Qur’an.

“Berbicara tentang dakwah ini tidak harus jadi ustadz, kayaknya tuh kalau kuliah di Institut Daarul Qur’an nanti harus jadi ustadz, harus jadi Kyai, harus jadi pengajar, Enggak,” ucapnya.

Menurutnya tidak semua orang yang kuliah jurusan Ilmu Agama di Institut Daarul Qur’an harus menjadi seorang pengajar. Karena pada dasarnya dalam Al-Qur’an maupun Hadist telah mengajarkan berbagai hal dalam berkehidupan baik berkehidupan dengan manusia, maupun berkehidupan dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Kalau teman-teman sudah menguasai Quran, sudah menguasai ilmu agama sebenarnya teman-teman akan bisa jadi entrepreneur yang menguasai Quran teman-teman akan bisa menjadi Manager direktur di sebuah perusahaan yang nantinya akan disitulah jalan dakwahnya,” jelasnya.

Dalam hal ini, Sani menjelaskan bahwa cara berdakwah itu banyak tidak hanya sebagai orang yang berdiri di depan mimbar. Namun bisa jadi berdakwah dengan cara berdagang atau bahkan memimpin sebuah perusahaan yang nantinya akan mengajarkan ilmu tauhid kepada mitra atau kliennya.

Ia berharap agar masyarakat menghilangkan stigma bahwa kuliah agama sudah pasti menjadi guru atau pendakwah.

“Wahh saya kuliah di Institut Daarul Qur’an pasti bakalan jadi ustadz gitu. Padahal bisa jadi pekerja profesional tapi yang menguasai ilmu agama dan Quran atau bahkan dia bisa punya perusahaan sendiri karena di Idaqu sudah diajari Entrepreneur,” tegasnya.

Lagipula Institut Daarul Qur’an juga akan mengajarkan tentang ilmu komunikasi, cara analisis, berpikir kritis dan bisa melakukan observasi yang nantinya akan sangat berguna kedepannya. Ditambah dengan program magang yang akan membuat semakin matang para mahasiswanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Download Whatsapp Aero Apk (WA Aero) Ukuran Ringan 2022 Anti Banned

Image

Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Mampukah Timnas U-23 Indonesia Gasak Thailand?

Image

Download GB WhatsApp Official Resmi Mod Apk Pro Terbaru Gratis, Update Segera !

Image

MP3 Juice, Download Lagu Gratis Mudah Dan Cepat 2022

Image

Download Fouad Whatsapp Anti Banned

Image

Lirik Lagu Rumah Ke Rumah - Hindia feat. Ari Lesmana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image