Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dha Dana

Potensi Desa Wisata untuk Membangun Ekonomi Kreatif Masyarakat Luas

Eduaksi | 2024-08-27 12:05:58

Di tengah isu keterbatasan lapangan kerja, desa wisata bisa menjadi solusi sebagai sumber pendapatan baru di masyarakat. Dengan pengelolaan dan promosi yang tepat, desa wisata berpeluang besar mendatangkan wisatawan dan menumbuhkan ekonomi baru di daerah-daerah di Indonesia.

Demikian dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno saat menghadiri Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 pada Minggu (27/8/2023) malam di Jakarta. Menurut dia, desa wisata bukanlah program pemerintah, melainkan program swadaya masyarakat.

”Kebangkitan ekonomi desa sebenarnya merupakan usaha dari sosok-sosok di desa wisata sendiri yang tidak kenal lelah memajukan desanya. Kami berharap pihak swasta senantiasa mendukung pengembangan desa wisata,” katanya.

Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan adalah kreativitas. Hal itu karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakan oleh para kreator dan inovator.

Menurut Wiendu (1993), desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Desa wisata biasanya memiliki kecenderungan kawasan pedesaan yang memiliki kekhasan dan daya tarik sebagai tujuan wisata.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) dapat menjadi motor penggerak dalam mengelola desa wisata . Sehingga pemerintah desa dapat membantu dalam permodalan awal selain juga bisa bekerjasama dengan pihak bank atau swasta lainnya dalam mengembangkan desa wisata.

Industri ukm masayarakat desa juga memegang peranan penting dalam pengembangan desa wisata sebagai industry pendukung sektor pariwisata yang di kembangkan seperti usaha kuliner , oleh-oleh khas daerah , transportasi , homestay/penginapan , agen travel , serta jasa pemandu wisata dan semua sektor ini akan hidup jika jumlah kunjungan wisata bisa terus meningkat.

Selain menjaga dan mengemas objek wisata alam agar tetap indah dan alami , warga desa juga harus menggali potensi budaya untuk dijadikan objek wisata yang bisa dinikmati , sehingga nuansa desa Indonesia yang penuh dengan tradisi budaya yang tinggi bisa menjadi salah satu motivasi wisatawan untuk berkunjung.

Tips sukses mengembangkan desa wisata :

  • Melakukan musyawarah desa melibatkan pemerintah dan masyarakat terutama pelaku jasa pariwisata dalam merencanakan langkah strategis pengembangan desa wisata.
  • Menentukan focus objek wisata yang akan di kembangkan
  • Membentuk Badan Usaha Milik Desa sebagai pengelola dan menjadi mitra pelaku jasa pariwisata.
  • Mengembangkan industry pendukung produk pariwisata yang kreatif
  • Membuat almanak desa / agenda kegiatan selama 1 tahun yang menjadi tarik wisatawan untuk berkunjung.
  • Pemerintah Desa harus terus memberikan motivasi dan peningkatan kualitas sdm masyarakat dalam mengelola desa wisata.
  • Menjaga lingkungan desa agar suasana desa yang bersih dan nyaman selalu terjaga.
  • Menjaga kebudayaan dan adat istiadat dalam kehidupan sehari – hari.
  • Membuat langkah promosi yang kreatif melalui berbagai media.
  • Menjalin hubungan yang baik dengan industri pariwisata baik antar desa atau di kota seperti travel agen dan perusahaan perjalanan pariwisata yang bisa membantu menjual paket-paket wisata yang kita tawarkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image