Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Abu Nawas di Kandang Harimau

Gaya Hidup | Tuesday, 27 Aug 2024, 10:33 WIB

Abu Nawas di Kandang Harimau

====

Mungkin ini satire. Atau juga sebagai kemurnian cerita untuk diambil hikmahnya.

Abi Nawas memang sosok yang nyata. Sezaman dengan khalifah harun arrasyid di baghdad.

Sebagian kisahnya dikembangkan oleh fansnya hingga sampai ke kita dengan ragam versi.

Di antaranya adalah kisah ini. Saat Abu Nawas,agaknya dikenakan hukuman oleh Raja, sehingga dijebloskan ke kandang harimau.

Sontak semua terkejut. Termasuk keluarga Abu Nawas. Bagaimana ia bisa selamat di kandang harimau?

Ketika tiba waktunya untuk dijebloskan ke penjara, Abu Nawas masih tampak tenang. Bebrapa penjaga dan pengawas sibuk memerhatikan gelagatnya. Mereka takut Abu Nawas pakai langkah seribu. Lari.

Rupanya tidak. Ia bahkan tidak tampak membawa bekal apapun.

Sesampainya di pintu penjara yang kecil dan sempit, Abu Nawas menatap wajah harimau itu. Lalu secepat kilat para penjaga telah menolak Abu Nawas ke dalam penjara.

Secepat itu pula Abu Nawas menaburkan abu atau pasir ke wajah harimau...kemudian mengambil posisi persis di bawah leher harimau. Sesaat kemudian Abu Nawas mengelus ngelus leher si harimau. Menenangkan harimau itu. Dan seperti mengajaknya bicara.

Selang beberapa waktu. Bau Abu nawaspun sudah sama dengan bau si harimau. Jadi untuk sementara ini Abu Nawas aman di kandang harimau. Hingga sampai waktu untuk pembebasannya.

Adaptasi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image