Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vinda Amalina

Optimalisasi Nutrisi Ternak Melalui Fermentasi

Eduaksi | Wednesday, 21 Aug 2024, 19:01 WIB
Sesi Demonstrasi Pembuatan Silase oleh Mahasiswa KKN Undip 2024

5 Agustus 2024, di Balai Desa Bolo diadakan pertemuan dengankelompok tani ternak yang ada di Desa Bolo guna membahasoptimilisasi nutrisi ternak yang didapat dari fermentasi pakanyang berasal dari klobot jagung guna memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak dan memanfaatkan limbah pertanianyang ada di Desa Bolo berupa Klobot jagung.

Klobot jagung didapat dari limbah pertanian yang ada di Desa Bolo yang tidak terpakai danbiasanya hanya dibuang ataupundibakar yang akhirnya menjadi polusi udara, guna mengurangihal tersebut maka muncul ide pembuatan pakan fermentasi yang berasal dari klobot jagung untuk mengurangi limbah pertanianyang ada di Desa Bolo. Selain hal itu fermentasi pakan dapat menunjang nutrisi untuk ternak yang berada di Desa Bolo.

Fermentasi pakan ini memiliki tingkat kecernaan yang tinggi yang berarti mudah dicerna oleh ternak sehingga nutrisi yang ada dipakan tersebut mudah terserap oleh ternak dan menjadikan tenak yang optimal. Pada program ini diadakan pelatihan pembuatan pakan fermentasi dengan bahan klobot jagung, EM4 peternakan, bekatul/dedak, dan juga molases atau tetes tebu. Demontrasi nya dimulai dengan menunjukkan hasil ke kelompok tani ternak yang hadir dan dilanjutkan dengan cara membuat pakan fermentasi dengan menyiapkan tempat fermentasi berupa tong dan dilapisi dengan trash bag, kemudian persiapan klobot jagung dengan memisahkan klobot dengan bonggol jagung, setelah itu klobot jagung dicampurkan dengan bekatul/dedak, setelah tercampur dengan sempurna kemudian dimasukkan kedalam tempat yang sudah disiapkan dan disemprotkan larutan Em4 peternakan dan molases yang dilarutkan kedalam 3 liter air.

Hasil Pembuatan Silase yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Undip 2024

Proses demontrasi berjalan lancar dan dipahami oleh kelompok tani ternak yang datang kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. “Program ini diharapkan menjadi salah satu yang akan dilanjutkan oleh masyarakat guna mengatasi limbah pertanian dan juga menjadi alternatif pakan yang memiliki nilai nutrisi yang baik dan mudah terserap oleh ternak sehingga menciptakan lingkungan tani ternak yang optimal” Ucap Koordinator Desa Bolo KKN Undip.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image