Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Fajrianti

Tips Melindungi Password Akun Virtual

Teknologi | Tuesday, 16 Jul 2024, 20:55 WIB


Secara umum ketika membuat sebuah password maka akan membuat kata sandi yang sekiranya mudah Anda ingat dan juga berkaitan dengan diri Anda selaku pemilik password tersebut. Hal ini sebenarnya tidaklah salah namun perlu untuk dipertimbangkan guna keamanan akun yang Anda miliki tersebut, semakin familiar kata sandi tersebut dengan Anda maka akan semakin mudah untuk diretas.

Simak informasi berikut ini mengenai tips yang bisa Anda gunakan untuk melindungi password dari aku virtual yang dimiliki agar terhindar dari yang namanya kebocoran data.

Jangan Gunakan Sandi Yang Sama

Untuk mengamankan data yang Anda miliki pada akun virtual maka jangan sekali-kali Anda menggunakan kata sandi yang sama pada satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya. Misalnya Anda sudah menggunakan sandi A pada akun A maka jangan gunakan sandi tersebut pada akun B sebab akan sangat gampang untuk diretas semua akun Anda.

Buat Password Yang Panjang

Tips melindungi password selanjutnya adalah ketika Anda membuat password maka jangan membuat password yang pendek, namun buat password yang panjang dengan menggabungkan beberapa karakter yang sekiranya akan sangat sulit untuk ditebak oleh orang lain, gunakan huruf kecil, huruf besar, angka, dan juga karakter spesial agar semakin aman.

Aktifkan Autentifikasi Dua Faktor

Beberapa aplikasi sekarang ini sudah terdapat fitur yang namanya autentifikasi dua faktor, yang mana dengan fitur ini maka seseorang tidak akan mudah masuk ke akun Anda walaupun mengetahui password akun Anda. Sebab akan dimintai persetujuan dari akun yang biasa Anda gunakan atau meminta kode yang dikirimkan ke alamat email atau nomor ponsel Anda.

Rajin Ganti Sandi

Apabila Anda menemukan sebuah pemberitahuan bahwa terdapat aktivitas mencurigakan atau ada yang berusaha login ke akun Anda maka Anda harus segera mengganti password yang Anda miliki sehingga akan menggagalkan peretasan orang yang hendak login ke akun Anda.

Demikianlah informasi mengenai tips melindungi password akun virtual yang Anda miliki agar aman dari yang namanya peretas dan kebocoran data.

Apabila Anda membutuhkan informasi terknologi lainnya maka bisa Anda akses pada situs lsm99elite.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image