Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jaja Jamaludin

Digitalisasi MPLS

Didaktika | Tuesday, 16 Jul 2024, 01:55 WIB

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di awal tahun ajaran untuk membantu siswa baru mengenal lingkungan sekolah, termasuk aturan, budaya, fasilitas, dan kegiatan yang ada di sekolah tersebut. Dengan adanya digitalisasi pendidikan, MPLS juga mengalami perubahan dalam pelaksanaannya. Berikut beberapa aspek MPLS di era digitalisasi pendidikan:

1. Platform Digital

- MPLS sekarang dapat dilakukan melalui platform digital seperti Zoom, Google Meet, atau aplikasi video konferensi lainnya. Hal ini memungkinkan siswa dan guru berinteraksi secara virtual tanpa harus bertemu langsung.

2. Materi Interaktif

- Materi pengenalan dapat disajikan dalam bentuk video, animasi, atau modul interaktif yang dapat diakses siswa secara online. Ini membuat proses pengenalan lebih menarik dan mudah dipahami.

3. Penggunaan Aplikasi dan Media Sosial

- Sekolah dapat memanfaatkan aplikasi dan media sosial untuk memberikan informasi seputar sekolah. Misalnya, menggunakan Instagram atau Facebook untuk memperkenalkan guru, fasilitas, atau kegiatan ekstrakurikuler.

4. Virtual Tour

- Sekolah dapat membuat tur virtual menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) atau video 360 derajat yang memungkinkan siswa baru melihat-lihat fasilitas sekolah secara virtual.

5. Gamifikasi

- Konsep gamifikasi dapat diterapkan untuk membuat MPLS lebih menarik. Siswa dapat mengikuti berbagai tantangan atau permainan edukatif yang berkaitan dengan pengenalan sekolah.

6. Penggunaan Learning Management System (LMS)

- LMS seperti Google Classroom, Moodle, atau Edmodo dapat digunakan untuk mengatur jadwal MPLS, memberikan tugas, dan melakukan evaluasi secara online.

7. Pelatihan Literasi Digital

- Bagian dari MPLS dapat diisi dengan pelatihan literasi digital untuk memastikan siswa baru mampu menggunakan teknologi yang akan digunakan selama proses belajar mengajar.

8. Komunikasi yang Lebih Efektif

- Komunikasi antara sekolah, orang tua, dan siswa dapat lebih efektif melalui grup chat, email, atau aplikasi komunikasi lainnya.

Era digitalisasi memberikan banyak peluang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan MPLS. Namun, tantangan seperti akses terhadap teknologi dan internet, serta kesiapan guru dan siswa, tetap perlu diperhatikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image