Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Iqbal Awaludien

5 Alasan Penampilan Memengaruhi Karirmu

Gaya | Monday, 15 Jul 2024, 17:04 WIB
Sumber: Detik.com

Penampilan sering kali dianggap sebagai aspek yang penting dalam dunia profesional. Meskipun kemampuan dan pengetahuan sangatlah esensial, caramu memperlihatkan diri juga dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap karirmu.

Penampilan biasanya berbanding lurus dengan kebersihan, kerapian, kesehatan, dan performa. Jika hal-hal ini adalah dalam dirimu, sangat terbuka dalam memengaruhi peningkatan karirmu. Paling tidak ada 5 alasan yang dapat kamu jadikan rujukan bahwa penampilan memiliki pengaruh terhadap peningkatan karir.

1. Membuat Kesan Pertama

Penampilan menarik akan membuat kesan pertama yang kuat di awal interaktis dengan siapa saja. Kesan yang keluar juga akan positif, baik, dan terlihat bahwa kamu sebagai seorang profesional. Tak sedikit, perusahaan atau rekan kerja membuat penampilan sebagai indikator penilaian awal atau hello effect.

2. Memperkuat Keyakinan Diri

Penampilan rapi dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan sikap ini kamu akan bekerja lebih baik dan produktif. Dalam hal komunikasi, kepercayaan diri juga dapat membangun komuniksi yang jelas dan efektif. Pada akhirnya, kamu akan lebih merdeka membuat keputsan dan berinisiatif.

3. Mencerminkan Profesionalisme

Penampilan identik dengan norma dan etika. Kamu akan dipandang menghormati sesama rekan kerja saat berpenampilan menarik. Dan sebenarnya, saat penampilanmu baik, kamu sedang menghormati diri kamu sendiri. Dalam diri kamu terpancar keseriusan dan siap bertanggung jawab dalam pekerjaan.

4. Meningkatkan Hubungan dan Jaringan Sosial

Dunia kerja merupakan satu jejaring yang saling terhubung satu sama lain. Penampilan menarik dapat merekatkan hubungan kamu dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja. Hal ini tentu saja akan membuka pintu dalam membangun relasi yang lebih kuat antara kamu dengan teman hingga atasan.

5. Mendukung "Personal Branding"

Ibarat sebuah produk yang memerlukan jenama, kamu pun demikian. Penampilan dapat menciptakan citra positif dalam hal personal branding tentang diri kamu. Orang lain melihat kamu secara visual, jenama yang tercipta adalah reputasi positif dari dalam dirimu.

Penampilan memang penting dalam karir, walakin bukan yang paling penting. Penampilan yang baik dapat memberikan kesan pertama yang positif dan meningkatkan rasa percaya dirimu. Namun, kemampuan dan pengetahuan tetaplah yang paling utama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image