Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Peni Aprilia

Pendidikan Karakter Berpengaruh Besar dalam Terbenthknya Akhlak Baik Peserta Didik

Eduaksi | 2024-07-14 14:58:04

Penulis : Peni Aprilia

Dosen Pengampu : Dr. Aida Azizah, S.Pd.,M.Pd

Sumber gambar : Instagram sdisula 1.3

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, pendidikan menjadi pilar utama untuk memajukan sebuah bangsa. Suatu Negara akan maju ketika, warga negaranya mayoritas memiliki pendidikan yang tinggi. Pendidikan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia, seperti halnya dalam pembentukan akhlak, karakter serta perilaku positif yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Pendidikan menjadi perantara untuk mengembangkan potensi yang dimiliki seseoarang. Dengan adanya pendidikan menjadikan hidup manusia lebih tertata dengan baik. Dapat dilihat dikalangan masyarakat, seperti halnya orang yang berpendidikan tentunya memiliki perbedaan dengan orang yang tidak berpendidikan. Dapat dilihat dari segi bahasa, tata krama, akhlak, karakter dan pola pikir yang ada di masyarakat.

Sumber gambar : Instagram sdisula 1.3

Pendidikan memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan karakter seoarang anak. Pengaruh pendidikan terhadap pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sebuah karakter individu, karena didalam dunia pendidikan, khususnya disekolah tentunya anak diajari, dididik, dan dilatih untuk memiliki karakter yang baik. Dengan demikian, ketika anak tumbuh dewasa meraka sudah memiliki bekal untuk selalu membiasakan untuk menerapkan kebaikan terhadap sesama. Seperti halnya di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang yang telah menerapkan pendidikan karakter untuk para peserta didik, yakni dengan mengadakan program wajib menghafal Al-Quran, minimal juz 30, dan ada yang lanjut ke juz 29. Selain mengafal Al Qur’an, peserta didik diwajibkan untuk melaksanakan sholat dhuha, dan shalat dhuhur berjamaah di Masjid Agung Semarang, ujar “Ibu Mila” selaku guru kelas dua di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang.

Dengan diterapkannya kegiatan tersebut menjadikan peserta didik memiliki nilai-nilai luhur kepada Allah swt. Jadi sejak usia dini peserta didik sudah dilatih untuk memiliki akhlak yang terpuji dan membiasakan diri untuk selalu melaksanakan perintah Agama, serta dididik untuk memiliki hati dan pikiran yang baik.

Selain menanamkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik, di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang, anak juga dilatih untuk memiliki sikap disiplin, jujur, gotong royong, dan mandiri. Penerapannya dengan cara selalu melatih siswa untuk membiasakan kegiatan gotong royong membersihkan kelas. Selain itu guru kelas, selalu rutin untuk mengingatkan serta mengajak peserta didik untuk melaksanakan piket kelas. Jadi dengan hal ini, peserta didik dilatih untuk memiliki sikap mandiri, kerja sama dan bertanggung jawab sejak usia dini. Apabila pesetta didik tidak mau melaksanakan tugas piket guru melakukan pendekatan dengan anak tersebut, yakni dicari tau alasan kenapa tidak mau melaksanakan piket, dengan demikian anak dilatih untuk berfikir kritis serta bersikap jujur untuk mengetahui alasan kenapa tidak mau melaksanakan piket kelas. Ujar “Ibu Mila” selaku guru kelas dua di SD Islam Sultan Agung 1 Semarang.

Maka dari itu, guru memiliki peran penting dalam terbentuknya keberhasilan proses pembelajaran serta terbentuknya karakter yang baik. Tidak hanya Guru yang menentukan keberhasilan sebuah pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik. Namun orang tua juga memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan karakter seoarang anak.

Penjelasan tersebut selaras dengan pendapat yang dikemukakan oleh Ivan Ilich dalam Prayogo (2019:223) bahwa pendidikan memiliki pengaruh besar dalam membentuk pola pikir dan perilaku individu, yakni dengan menekankan pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah, tetapi juga melalui interaksi sosial dan pengalaman hidup sehari-hari.

Untuk membentuk cara pandang dan sikap seseorang terhadap tantangan global. Maka dari itu, orang tua harus menjaga pergaulan seoarang anak, dari pergaulan yang tidak baik, karena diusia dini anak akan mudah terpengaruh dengan hal yang negative.

Dalam hal ini Pengaruh pendidikan terhadap pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk karakter individu. Maka dari itu, seoarang Guru dan Wali Murid harus bekerja sama dalam mengajari, mendidik, melatih, mengawasi dan menjaga membentuk karakter peserta didik serta tercapainya keberhasilan dalam proses pembelajaran. Dengan adanya kekompakan serta saling bekerjasama akan membentuk karakter siswa yang baik.

DAFTAR PUSTAKA

Prayogo, Bagus (2019), “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas Viii Smp It Bina Insani Metro Utara Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image