Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novia Tri Wahyuni

Olahraga Sebagai Pilihan Healing Terbaik Untuk Meredakan Stress

Olahraga | Friday, 12 Jul 2024, 11:31 WIB

Olahraga dapat dijadikan salah satu opsi atau pilihan oleh berbagai kalangan untuk menghilangkan stress. Stress adalah suatu hal yang bisa terjadi oleh siapa saja. Stress bisa di sebabkan oleh pekerjaan atau bahkan patah hati. Dengan olahraga seseorang dapat sedikit mengistirahatkan pemikirannya dan mengesampingkan urusan pribadi tersebut sehingga menjadi lebih rileks.

Selaku pengguna sosial media baik itu Instagram ataupun Tiktok, saya sering melihat orang-orang melakukan kegiatan olahraga. Tentunya mereka hal tersebut dengan berbagai alasan ada yang memang untuk menjaga kesehatan dan ada juga yang untuk mencari ketenangan guna menghilangkan stress yang mendalam.

Mungkin, jika kita lihat olahraga adalah suatu hal yang sepertinya sangat mudah untuk dilakukan, apalagi bagi orang-orang yang sebelumnya tidak terbiasa untuk melakukan olahraga. Olahraga memerlukan fisik yang memadai dan niat yang konsisten untuk melakukannya.

Olahraga adalah kegiatan yang ringan jika dilihat namun membutuhkan konsistensi. Maka dari itu sebelum berolahraga seseorang perlu melakukan pemanasan dan afirmasi positif yang bertujuan untuk menenangkan pikiran.

Dikalangan anak muda zaman sekarang, salah satunya cenderung memilih olahraga sebagai obat untuk menghilangkan stress karena mudah, murah, dan bisa dilakukan dimana saja.

Berikut adalah alasan mengapa olahraga dapat dijadikan alasan untuk menghilangkan stress :

1. Pemikiran Lebih Tenang

Olahraga memberikan ruang dan kesempatan yang luas untuk seseorang bisa berfikir secara jernih. Dengan berolahraga seseorang dapat merileks kan badan dan pikirannya.

2. Emosi Terkontrol

Dengan olahraga seseorang akan mengatur tempo pernafasannya, ketika berolahraga orang hanya akan berfokus dengan apa yang ia sedang kerjakan bukan dengan apa yang ia sedang fikirkan.

3. Menambah Relasi

Olahraga tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, namun olahraga juga bisa dilakukan di luar rumah misalnya jogging, sepak bola, basket, tenis, dll. Hal tersebut membuat kita bertemu dengan orang baru dan bisa sharing tentang pengalaman.

4. Renungan Diri

Tentunya dengan berolahraga dengan pikiran, hati yang tenang, kemudian badan yang lebih rileks kita bisa merenungkan kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat, sehingga ini bisa menjadi momen untuk memperbaiki diri dan memecahkan masalah yang sedang terjadi.

Kesimpulan

Olahraga dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghilangkan stress. Karena olahraga adalah suatu kegiatan yang praktis dan ekonomis namun dapat memberikan dampak yang cukup besar untuk kesehatan mental, fisik, pikiran sehingga bisa menghilangkan stress.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image