Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Keistimewaan Menyantuni Anak Yatim: Menuai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Agama | Thursday, 11 Jul 2024, 15:12 WIB
sumber gambar: freepik.com

Di tengah hiruk pikuk kehidupan, masih banyak anak-anak yatim yang membutuhkan uluran tangan dan kasih sayang. Pedih atas ditinggalkannya orang tua sosok bapak di usia dini merupakan cobaan hidup yang berat dan harus dihadapi anak-anak yatim. Islam mengajarkan kepada kita untuk peduli dan membantu kehidupan anak-anak yatim.

Tahukah sahabat, menyantuni anak yatim bukan hanya perbuatan mulia, tetapi juga mengarahkan hidup pada banyak keistimewaan, baik di dunia maupun di akhirat?

Berikut beberapa di antara keistimewaan menyantuni anak yatim, yaitu:

1. Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman, " erbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak ya tim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnusabil, serta hamba sahaya yang kamu miliki " (QS. An-Nisa: 36).

Ayat ini menunjukkan betapa Allah SWT memuliakan orang-orang yang berbuat baik kepada anak yatim. Mereka dijanjikan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

2. Mendapat Keberkahan dan Kelancaran Rezeki

Menyantuni anak yatim dipercaya dapat mendatangkan keberkahan dan kelancaran rezeki.

“Apabila Tuhan memberi kemuliaan dan memberi kebahagiaan kepada seseorang, ia berkata, ‘Tuhanku telah memuliakanku.' Tetapi jika Tuhan membatasi rezekinya, ia berkata, ‘Tuhanku menghinaku.' Tetapi sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim.” (QS. Al-Fajr : 15-17).

3. Dijamin Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda, "Aku dan orang yang merawat atau memelihara anak yatim akan berada di surga seperti ini,” dan Rasulullah SAW mengisyaratkannya dengan menjulurkan jari telunjuk dan tengah sedikit terbuka. (HR Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud, dan Ahmad dari Sahl bin Sa'd)

Hadis ini menunjukkan bahwa orang yang menyantuni anak yatim akan dijamin masuk surga bersama Rasulullah SAW. Ini merupakan keistimewaan yang luar biasa bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

4. Mendapat Kedamaian dan Kebahagiaan Hati

Menyantuni anak yatim dapat memberikan rasa damai dan bahagia bagi hati. Melihat senyum dan kebahagiaan mereka akan memberikan kepuasan batin yang tiada tara. Karena itu, santuni dan sayangi anak yatim akan memberikan kedamaian dan kebahagiaan yang hakiki.

5. Menjadi Teladan yang Baik

Menyantuni anak yatim dapat menjadi teladan yang baik bagi orang lain, terutama bagi anak-anak kita. Dengan melihat orang tua yang suka membantu anak yatim, anak-anak akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Marilah kita bersama-sama menyantuni anak yatim dan merasakan keistimewaan-keistimewaan yang luar Sejahtera. Kita dapat menyalurkan bantuan melalui berbagai Sejahte sosial yang terpercaya. Dengan kepedulian dan uluran tangan kita, anak-anak yatim dapat hidup dengan lebih Sejahte dan Sejahtera.

Sahabat insan dermawan, mari optimalkan peluang emas untuk kebaikan dunia dan akhirat dengan cara berbagi kepada anak yatim.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image