Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Iqbal Awaludien

Anti Malas dalam Bekerja

Gaya Hidup | Wednesday, 10 Jul 2024, 16:25 WIB
Sumber gambar: info.populix.co

Rasa malas bagai tamu tak diundang. Bisa datang kapan saja termasuk saat bekerja. Sekali-kali sih boleh aja, semisal ketika ingin rehat. Namun kalau dijadikan kebiasaan, duh, gawat. Produktivitas kerja bisa menurun, semangat pun pasti mengendur. Bayangkan coba, apa pendapat rekan kerja atau atasan melihatmu seperti itu.

Terus gimana dong tips biar ngga malas bekerja?

Disiplin

Setiap kantor memberlakukan jam kerja. Peraturan ini harus ditepati sebagai bagian dari kinerja. Nah, dalam konteks ini kamu harus disiplin. Karyawan yang kurang disiplin atau sering mepet datang ke kantor, biasanya terburu-buru di jalan untuk mengejar waktu. Badan pun jadi lelah karena lari-lari sehingga membuat persiapan kerja tidak maksimal.

Padahal, kalau datang tepat waktu bahkan sebelum batas jam kerja, kamu dapat bersantai dulu sambil merapikan meja, mendengarkan musik, baca-baca, dan melakukan aktivitas menyenangkan lain sebelum bekerja sebagai mood booster.

Jauhkan Gawai

Gawai bisa memecah konsentrasi. Kecuali jika kamu memang bekerja dengan gawai, misalnya sebagai social media admin, jurnalis online, dan semua profesi yang membutuhkan smartphone. Di luar itu, gawai harus dijauhkan dari genggaman pada jam kerja. Karena kalau tidak, bukannya kerja bakalan lancar. Bisa-bisa kamu terus main media sosial bahkan main game online. Kerja malas, banyak kesempatan bisa kandas.

Jauhi Tempat Tidur

Sementara buat kamu yang masih melakukan work from home ataupun work from anywhere, please hindari tempat ini: Tempat tidur. Silakan cari tempat ternyaman di rumah untuk bekerja. Mau di ruang tamu, taman, teras, atau di atas genting sekalian asal bikin nyaman. Tapi ingat, bukan di atas kasur apalagi sambil tiduran ya, Kalau ini tetap kamu lakukan, yakin deh rasa males ngga bakal pergi

Perhatikan Asupan Nutrisi

Kekenyangan bisa membuat malas karena badan jadi kantuk. Perut yang lapar pun demikian, bikin lemas sehingga bisa menurun fokus. Karena itu, isi perut harus seimbang baik secara gizi maupun nutrisi. Apalagi buat kamu yang bekerja di ruangan full AC. Minum air putih sudah menjadi kewajiban, begitu pula konsumsi makanan sehat untuk tingkatkan imunitas harus menjadi andalan. Selain itu, pastikan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh terjaga.

Berikan Reward Diri

Berikan target untuk setiap pekerjaan yang kamu kerjakan. Setelah itu, berikan reward kalau kamu bisa menyelesaikannya dengan maksimal dan tepat waktu. Misalnya satu pekerjaan satu reward agar kamu lebih terpacu sehingga kerja pun menjadi lebih semangat. Sebagai tambahan, kamu pun perlu rehat sejenak atau jeda di tengah-tengah pekerjaan saat merasa lelah. Bisa dengan mencari udara segar dan melakukan peregangan. Karena seperti dikutip dari Inc, jeda 15-20 menit setelah kamu bekerja selama 120 menit bisa meningkatkan produktivitas menjauhkanmu dari stres, dan menghilangkan malas.

Jaga Komunikasi

Bekerja fokus bukan berarti kamu diam terus di meja tanpa bersosialisasi dengan rekan kerja. Karena itu, jangan pelit sapa rekan kerja dan tanyakan kabar mereka. Waktu istirahat bisa kamu manfaatkan untuk berbagi inspirasi pekerjaan, hal-hal update, hingga bercanda. Menjaga komunikasi seperti ini sangat penting lho, biar kamu ngga bosan dan merasa bekerja sendiri. Apa enaknya kerja kalau ngga punya teman?

Itu dia tips hindari malas saat bekerja. Ada yang sudah mempraktikkannya? Atau ada yang mau menambahkan? Yuk, berikan komentarmu tak perlu ragu!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image