Analisis Keberhasilan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Brand Le Minerale
Bisnis | 2024-07-09 00:04:15Di dalam strategi promosi terdapat berbagai metode, salah satunya adalah Promotional tools. Belch (2004) Dalam buku Komunikasi Pemasaran Edisi 4 (Suryana, 2019) Berpendapat Promotional tools terdiri dari Penjualan Perorangan (Personal Selling), Iklan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Pemasaran Internet (Internet Marketing), Publisitas (Publicity/Public Relation), dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Sedangkan PR Smith (1998) berpendapat promotional tools yaitu sponsorship, exhibitions, corporate identity, packaging, merchandising, word of mouth, dan internet juga termasuk ke dalam promotion tools.
Primary Tools of Promotion yang Digunakan Le Minerale
a) Advertising
Le minerale memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Youtube, Tiktok, supaya dapat berinteraksi lebih dekat dengan konsumen. Dalam media sosial mereka aktif menghadirkan konten yang menarik dan juga kreatif, Le Minerale juga menghadirkan beberapa pemain tim nasional sepak bola Indonesia di media sosial untuk menarik perhatian konsumen terutama untuk penggemar sepak bola Indonesia
b) Personal selling
Personal selling yang dilakukan oleh Le minerale biasanya melibatkan sales yang terlatih untuk menjelaskan manfaat Le mineral dan melakukan penjualan produk secara langsung kepada konsumen yang dituju.
c) Sales promotion
Melakukan promosi penjualan dengan cara menyebarkan pamflet di outlet-outlet berupa undian hadiah, serta potongan harga pada setiap pembelian dengan jumlah yang banyak, Dengan cara tersebut Le Minerale berharap dapat mudah diingat oleh para konsumen sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.
d) Public relation
Le Minerale membuat kampanye “Ayo Minum Untuk Sehat” untuk membiasakan masyarakat agar hidup sehat dan mengkonsumsi air mineral berkualitas, Selain itu, Le Minerale juga melakukan gebrakan baru yaitu “Gerakana Ekonomi Sirkular Nasional” yang melibatkan masyarakat seperti melakukan pengelolaan sampah plastik dengan memperpanjang siklus hidup plastik.
e) Direct marketing
Le Minerale memanfaatkan pemasaran langsung melalui aktivasi merek di berbagai acara dan kegiatan. Misalnya membuka booth di event “Gerakan Warung Nasional” lalu di Pekan Raya Jakarta. Mereka berpartisipasi dalam pameran, konser, dan even olahraga
Secondary Tools of Promotion yang Digunakan Le Minerale
a) Sponsorship
Melakukan sponsorship sebagai Official Mineral Water untuk turnamen bulu tangkis Indonesia open, Sponsorship ini berlangsung selama tiga tahun dan Le minerale terpilih setelah melalui seleksi yang ketat oleh Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Tidak hanya ituu, Le minerale juga aktif menjadi sponsor di berbagai event seperti pada event BTN Jakarta Internatonal Marathon 2024, Color Run 2024 dan berbagai event lainnya
b) Exibithion
Berpartisipasi dalam pameran, konser, dan even olahraga, di mana mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen potensial, memberikan sampel produk, serta mempromosikan penawaran khusus. Contohnya membuka booth di West Java Festival, Indonesia Open 2024, Pekan Raya Jakarta, dan JIexpo.
c) Brand identity
Le Minerale mengusung produknya ke public sebagai brand air minum yang masih sangat baru dengan ciri khas uniknya yaitu mempunya rasa sedikit manis. Ungkapan "Rasanya manis" adalah salah slogan yang di gencarkan oleh le minerale, Le Minerale mencoba membangkitakan rasa penasaran konsumen dengan slogan “Kayak Ada Manis-Manisnya”, slogan ini pun kerap di dijadikan tagline di berbagai media promosi le minerale seperti iklan tv, dan postingan Instagram.
d) Packaging
Le Minerale mendesain produknya dengan kemasan botol/gallon yang tersegel rapat. dengan menggunakan teknologi mineral protection system yang menjaga air mineral tetap utuh tanpa terkontaminasi bakteri dan virus dari luar. Le minerale benar-benar menjaga keaslian produknya dan terhindar dari segala pemalsuan. Hal ini tentunya demi mendapat kepercayaan konsumen agar merasa aman ketika meminum Le Minerale
e) Merchandising
Le Minerale menggandeng sebuah brand clothing lokal, Cosmonauts Spacewear, dalam meluncurkan koleksi t-shirt yang ramah lingkungan. Menariknya, salah satu bahan ramah lingkungan yang digunakan adalah hasil daur ulang dari botol PET. Koleksi t-shirt ini terbuat dari bahan 75 persen katun dan 25, tak hanya t-shirt, Le Minerale juga meluncurkan Sepatu yang terbuat dari hasil daur ulang bahan PET berkolaborasi dengan PijakBumi.
f) Word of mouth
Le minerale melakukan Gerakan word of mouth dengan bersosialisasi Ayo Minum untuk Sehat, Lewat kampanye ini, Le Minerale ingin mengajak dan mengedukasi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia melakukan gaya hidup sehat lewat konsumsi air mineral berkualitas. Dengan kampanye nantinya citra Le Minerale sebagai air mineral yang menyehatkan akan tersebar dari orang yang mengikuti event ini ke orang lain.
g) Internet
Le Minerale memiliki situs web official yang berisi informasi produk yang lengkap yaitu www.leminerale.com, Mereka juga membuat artikel, video, dan infografis yang membahas topik-topik seputar gaya hidup sehat, manfaat air mineral, dan tips hidrasi. Konten-konten ini kemudian dibagikan melalui berbagai kanal digital seperti media sosial dan blog perusahaan. Lalu di media sosial mereka juga aktif menggaet brand ambassador seperti atlet-atlet timnas Indonesia yaitu Rafael Struick, Nathan Tjoe-A-On, dan Marselino Ferdinand.
Muhamad Ghandi Albasyir, Rifandi
Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.