Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rosydah sukriyanto

Sirup Marjan Sukses Mempromosikan Brand Dengan Pendekatan Pesan Periklanan Emosional

Eduaksi | 2024-07-08 12:58:32

Sirup Marjan Sukses Mempromosikan Brand Dengan Pendekatan Pesan Periklanan Emosional

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5530114/sosok-model-iklan-marjan-tahun-2024-penari-yang-jago-bela-diri

Kalian tau ngga sih apa itu advertising? Dalam ilmu komunikasi advertising mengkaji persoalan terkait periklanan, dimana ilmu ini mengajak kita untuk belajar apa itu iklan, isi iklan, fungsi iklan, unsur dalam periklanan, jenis jenis iklan, hingga pendekatan pesan apa saja yang ada di dalam iklan, dan masih banyak lagi.

Artikel ini akan menjelaskan soal pesan pesan apa saja yang ada dalam periklanan, namun sebelum itu ada yang perlu kamu ketahui sebelumnya yaitu garis besar soal periklanan. Hal pertama adalah apa itu periklanan? Periklanan merupakan salah satu metode ilmu dibidang komunikasi pemasaran atau yang sering kita sebut dengan iklan dengan biaya sebagai timbal balik operasionalnya. Iklan digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan informasi tentang produk jasa maupun barang kepada konsumen (masyarkat luas) melalui media iklan sebagai strategi pemasaran untuk mempromosikan dan memasarkan produk jasa maupun merek tertentu.

Iklan adalah media komunikasi yang disajikan dalam bentuk yang menarik atau sesuatu yang mempengaruhi sseorang, kelompok atau bahkan siapapun yang melihat atau mendengarnya. Iklan tentu tidak bisa tersalurkan tanpa adaya media iklan yang menjadi sebuah wadah . Media iklan sendiri ada beberapa seperti media massa (televisi, dan radio) atau bisa juga melalui media sosial (tiktok, twitter, IG, WA), VIDEOTRON hingga media cetak seperti majalah, koran, brosur dan benner.

Pesan periklanan merupakan tujuan dari perusahaan yang pada dasarnya iklan memang berisi pesan untuk mengoordinasikan pesan baik secara verbal maupun nonverbal suatu produk dengan sebaik baiknya. Dalam dunia periklanan pesan iklan adalah unsur terpenting yang harus di perhitungkan sebagai bentuk apa maksud dan sampaikan kepada publik untuk mendapat umpan balik yang positif serta menjadi daya tarik bagi produk dan jasa.

Dalam menyampaikan pesan iklan yang baik perlu adanya daya tarik yang di perhatikan yaitu, Daya tarik Nasional untuk membangkitkan kepentingan sesorang atau audiens iklan tersebut dengan memberi petunjuk bahwa produk atau jasa yang ditawarkan bermafaat dan layak. Lalu ada Daya tarik emosional sebagai metode untuk membangkitkan emosi yang positif atau negatif yang akan memotivasi audiens, hal ini bisa dilakukan dengan pendekatan emosi tentang cinta, humor, dan kebahagiaan atau bisa juga dengan perasaan takut, sedih, malu hingga perasaan bersalah. Ketiga adalah daya tarik moral atau bisa disebut daya tarik yang diarahkan pada struktur audiens tentang apa yang benar dan apa yang baik. Daya tarik ini sering di gunakan sebagai pendukung masalah masalah sosial.

Adapun hal lain yang perlu di perhatikan dalam membuat pesan iklan adalah struktur iklan, format pesan mencolok atau isyarat yang direncanakan, dan sumber pesan yang dirasakan oleh khalayak yang di pengaruhi oleh kredibilitas sumber pesan yaitu: keahlian pengetahuan khusus yang dimiliki komunikator, sigat tepercaya dari kejujuran sumber menurut khalayak serta sifat yang disukai khalayak. Pengaruh sebuah pesan iklan terhubung dengan seberapan pesan tersebut dapat memberi pernyataan yang memudahkan pembaca atau audiens berfikir dan menarik kesimpulan sendiri. pesan iklan harus memiliki konsistensi sebagai pendukung untuk memberikan ingatan kepada konsumenya dengan penayangan yang berulang ulang, konsistensi ini juga berdampak signifikan kepada merek atau brand.

Hal ini juga yang dilakukaan oleh brand MARJAN dengan melakukan konsistensi kepada iklan yang di berikan seperti setiap mendekati bulan ramadhan saat umat muslim akan melakukan ibadah puasa, mereka menyuguhkan iklan berupa film pendek cerita rakyat dengan berbagai macam alur cerita, namun di akhir iklan mereka selalu menyuguhkan pandangan soal indahnya kebersamaan meminum sirup marjan. Tayangan iklan marjan ini terus menerus diulang dalam kurun waktu yang lama hingga menanamkan ingatan kepada konsumennya. Serta cirikhas yang berikan setiap hatun nya dari iklan marjan kepada konsumen nya menciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk terus menantikan iklan marjan setiap tahunya. Ide iklan ini berlangsung sejak tahun 2019 ini sukses meraih kenaikan dalam kegiatan promosi untuk mengingatkan kepada konsumen nya untuk membeli produk marjan menjelang bulan puasa hingga lebaran. PT. Lasallefood yang berdiri sejak 2002 ini sukses mengklaim dirinya sebagai brand terdepan di pasaran karena meningkatkan kinerja bisnis menjadi sekitar 50 kali lipat karena metode iklan yang digunakanya.

Iklan MARJAN sudah menjelaskan bahwa mereka membangun ingatan konsumen dan menunjukan konsistensinya dalam iklan dan promosinya. Ingatan brand ini diperlukan untuk membantu meningkatkan asosiasi kuat dan apabila itu dilandasi oleh banyaknya pengalaman atau menampakan komunikasi akan menimbulkan persepsi berupa pandangan citra (imge) konsumsi terhadap brand. Secara langsung pesan yang di sampaikan oleh brand marjan sudah sampai kepada audiens nya dengan baik.

Kesimpulannya, sebuah brand perusahaan membutuhkan iklan untuk mengenalkan dan memberi informasi terkait produk dan jasa sebuah perusahaan. Iklan pasti berisi sebuah pesan yang bisa mempersuasi atau menanamkan sebuah ingatan tentang sebuah produk atau jasa. pesan iklan yang di berikan melakui konsep iklan, pendekatan iklan, struktur iklan yang baik. Sebuah pesan iklan akan sampai kepada konsumen jika memiliki daya tarik dan cirikhas yang membedakan nya dengan kompetitor atau brand lain. Hal ini menunjukan bahwa pesan iklan yang tersampaikan dengan baik juga mempengaruhi sebuah citra(image ) sebuah brand.

Sumber: https://media.neliti.com/media/publications/107004-ID-rok-mini-di-persimpangan-jalan-antara-ke.pdfhttps://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/28

https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/28

http://repository.ubaya.ac.id/37708/1/PESAN%20IKLAN%20DALAM%20MEMBANGUN%20MEREK_2017.pdf

https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/5315

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image