Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Beredarnya Iklan di E-Commerce yang Memberikan Dampak Ekonomi

Eduaksi | 2024-07-08 11:11:22
Sumber : Canva/Design Poster

Berkembangnya Iklan Online

Sumber : https://images.app.goo.gl/jErkLmPfVqZEX5RJ9

Iklan merupakan salah satu cara yang di gunakan untuk mempromosikan dan menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat luas. Maka dari itu iklan ditujukan untuk menjangkau masyarakat luas. Yang dilakukan untuk menjangkau iklan agar beredar ke masyarakat luas yaitu bisa melalui berbagai macam media besar maupun kecil, contohnya seperti media online yang sering kita lihat dan sedang berkembang pesat di era sekarang.

Iklan online dapat berkembang dengan cepat dengan era ini karena banyaknya masyarakat atau pengguna media yang mempunyai fasilitas sehingga bisa mengakses internet melalui gadget mereka. Namun, dengan melihat perkembangan iklan online yang meningkat, belum tentu bahwa iklan melalui web merupakan media yang tepat bagi suatu kalangan kita. Selain itu, strategi promosi melalui iklan online juga cukup sulit karena setiap pengguna media memiliki perilaku yang beda dalam melihat atau memahami suatu iklan online yang beredar. Maka dari itu, membuat iklan secara online membutuhkan komunikasi pemasaran yang tepat juga agar banyak masyarakat yang tidak mengabaikan iklan tersebut. Tetapi tentu saja setiap media online memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Potensi keunggulan dari iklan online itu sangat banyak dari pergeseran pengguna menjadi pengguna media yang lebih banyak menghabiskan waktu online di platform digital manapun. Hal ini membuat iklan online menjadi lebih efektif untuk menjangkau target masyarakat yang tepat. Selain itu, meningkatnya penggunaan media pada web terbuka sehingga para audiens banyak tertarik pada iklan online yang tersampaikan. Sedangkan kelemahan dari iklan online itu sendiri adalah media relatif baru, di beberapa negara penggunanya masih sedikit. Iklan online juga memiliki penganturan atau bentuk yang beragam, sehingga pengukuran efektivitas iklan online bisa menjadi hal yang sulit.

Iklan di E-Commerce

Sumber : https://images.app.goo.gl/RD6CvT15SGer5foB6

E-commerce merupakan platform terbaik dalam mentransaksi pembeli dan penjual barang secara online. Dengan e-commerce, transaksi tersebut bisa dilakukan baik melalui komputer atau handphone. E-commerce, atau perdagangan elektronik adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui web. Ini mencakup semua jenis transaksi online, seperti belanja online, perbankan online, dan pemesanan tiket online.

Selain itu, e-commerce memberikan banyak manfaat, seperti kecepatan dalam mengakses ke berbagai macam produk, dan kemampuan untuk membandingkan harga di berbagai toko online. E-commerce telah mengubah industri ritel dengan membuatnya lebih berfokus pada pelanggan ataupun pengguna. Manfaat lainnya adalah dapat memudahkan memulai bisnis online dengan biaya yang terjangkau dan siapapun dapat membuat toko online.

Sebagian besar e-commerce menerapkan iklan online secara beragam dan variatif yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan. Iklan di e-commerce telah menjadi strategi penting bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pelanggan atau pengguna media di era digital ini. Platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran usaha. Namun, dengan banyaknya iklan yang bertebaran, menonjolkan produk Anda di antara yang lain bisa menjadi tantangan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan strategi iklan e-commerce yang kreatif dan efektif untuk menarik perhatian penggunanya.

Strategi yang dapat memainkan peran penting dalam menghasut pengguna medianya dengan membuat iklan yang interatif dan berkualitas dapat memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan produk, seperti mencoba produk secara virtual atau memainkan game dalam iklan tersebut. Selain itu, bisa dilakukan dengan metode Fear of Missing Out (FOMO), dengan menampilkan produk yang sedang trend atau limited edition yang bisa ditambahi dengan kata-kata menarik, yang di cantumkannya tawaran diskon atau promo untuk pengguna medianya.

Dampak Ekonomi Iklan E-Commerce

Sumber : https://images.app.goo.gl/LT6dcdWtyP1BcRDs6

Menurut Dicktus (2013), Dampak adalah sebagai Tingkat ukur dari pengaruh sosial, ekonomi, lingkungan, atau kepentingan umum lainnya yang dimulai oleh capaian kinerja setiap indikator dalam suatu kegiatan. Dampak ekonomi adalah efek atau akibat dari suatu peristiwa, situasi, atau kebijakan yang mengakibatkan perubahan positif dan negatif dalam perekonomian. Dampak positifnya terhadap perekonomian dapat menimbulkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sedangkan dampak negatifnya dari perilaku perekonomian masyarakat yang sekarang menjadi konsumtif yang hanya memakai suatu produk tetapi tidak dihasilkan sendiri.

Iklan telah menjadi bagian dari sistem ekonomi modern, yang mendapatkan peran penting dalam mendorong masyarakat untuk meningkatkan brand awareness, dan memicu persaingan. Dampak ekonomi iklan melingkupi berbagai aspek, baik positif maupun negatif, yang perlu dipertimbangkan secara menyeluruh.

Meningkatkan peminat dan pertumbuhan ekonomi.

Iklan dapat mendorong konsumen untuk membeli produk dan layanan, sehingga dapat meningkatnya permintaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga mencakup memajukan pendapatan perusahaan, serta menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan menumbuhkan kesejahteraan masyarakat.

Mendorong inovasi dan kreativitas.

Iklan yang kreatif dan inovatif dapat mendorong perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih menarik bagi peminat. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mendorong kemajuan teknologi.

Penyebaran informasi dan edukasi.

Iklan dapat digunakan untuk menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang produk, layanan, dan berbagai isu penting. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Sedangkan dampak negatifnya.

Meningkatkan harga produk dan layanan.

Biaya iklan yang tinggi dapat mendorong mereka untuk menaikkan harga produk dan layanan mereka. Hal ini dapat membebani konsumen, terutama bagi mereka yang memiliki pendapatan rendah.

Menciptakan informasi palsu atau tidak sesuai

Iklan yang gencar dapat mendorong konsumen untuk membeli produk karna di iklan itu tertera diskon atau promo gede dan layanan yang sebenarnya tidak valid ketika mereka memasuki platform yang di kunjungi. Hal ini dapat berdampak negatif pada informasi yang tidak tersampaikan secara benar kepada masyarakat.

Jadi berkemajuan perekonomian saat ini yang dapat menyebabkan bertambahnya iklan baru bermunculan ataupun bervariasinya iklan yang telah menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Sehingga dapat menarik minat beli terhadap konsumen atau pengguna media di platform e-commerce. Iklan e-commerce dapat membantu menjangkau audiens lebih luas serta tersampaikan dengan cepat oleh mereka untuk kepentingannya tersendiri, seperti membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi.

Nama : Amira Khalisha Putri

NIM : 23010400048

Mata Kuliah : Pengantar Advertising

Dosen Pengampu : Velda Murdiana, S.I.Kom, M.Si

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image