Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

5 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa, Rugi Tidak Ikut

Eduaksi | Thursday, 20 Jan 2022, 13:07 WIB

Kegiatan Magang adalah salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh pelajar maupun mahasiswa. Di Institut Daarul Qur’an (Idaqu) sendiri magang merupakan syarat kelulusan yang sudah diatur dalam semester akademik. Selain sebagai syarat kelulusan, magang juga memberikan manfaat besar bagi mahasiswa agar tidak kaget dengan kondisi dan tekanan dalam dunia kerja.

Banyak sekali manfaat kegiatan magang ini, Maka dari itu akan sia-sia kalau kamu tidak memanfaatkan masa-masa magang dengan baik. Nah, kira-kira apa manfaat magang bagi mahasiswa? Yuk simak dibawah ini lima manfaat magang bagi mahasiswa terutama untuk mereka yang ingin langsung bekerja. Semoga membantu!

1. Pengalaman Kerja

Sesuai dengan tujuan utamanya, manfaat pertama dari magang adalah pengalaman kerja. Hal ini sangat berharga bagi para mahasiswa yang belum pernah merasakan dunia kerja yang sebenarnya. Apabila seorang fresh graduate melamar maka point magang bisa menjadi faktor penentu diterima atau tidaknya ia.

2. Mempraktikkan Ilmu yang didapat

Ada pepatah mengatakan, “orang yang berilmu bukanlah orang yang sekolah tinggi, tapi yang tau cara menyelesaikan berbagai persoalan menggunakan ilmunya”. Nah dengan program magang ini kamu bisa langsung mempraktekkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan selama kuliah.

3. Mengembangkan Keterampilan

Ketika magang pasti kamu akan mendapatkan arahan baik itu dari rekan magang, staff, sampai pembimbing terkait keterampilan, kelebihan dan kelemahan. Dari situ kamu bisa mengasah keterampilan baru sambil mengevaluasi diri sendiri.

4. Menambah Relasi dalam Lingkungan Professional

Dengan ikut program magang, kamu bisa bertemu orang-orang baru dan berpengalaman di dunia professional. Apabila hubungan kamu bisa baik maka secara tidak langsung kamu juga akan mendapatkan ilmu-ilmu baru dari mereka.

5. Keberlanjutan Karir

Saat kinerjamu bagus selama magang, bisa jadi perusahaan tempat magang kamu tertarik denganmu dan menjadikanmu sebagai salah satu karyawan di sana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image