Pemberdayaan Masyarakat Berbasis UMKM : KKN ITB Ahmad Dahlan
Bisnis | 2025-01-23 08:24:15Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kedai Hello Tea Kota Palopo. Pemberdayaan Masyarakat berbasis UMKM yang dilaksanakan selama 3 bulan yakni Oktober 2024 sampai dengan Desember 2024 di Kedai Hello Tea. Beberapa program kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh kelompok 6 mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta diantaranya ialah seminar Pemberian Sosialisasi terkait Digital Marketing UMKM Minuman Kekinian, Pendampingan Rebranding Logo UMKM Minuman Kekinian, Pendampingan Pembuatan Toko Online di GrabFood, Pendampingan Pembuatan Toko Online di GoFood, dan Pemasaran Melalui Instagram
Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu Pemberian Sosialisasi terkait Digital Marketing UMKM Minuman Kekinian. Tujuan dari kegiatan ini Digital marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk melalui media online seperti Facebook, Tik Tok, Instagram, dan media lain untuk menunjang kemajuan penjualan dan pemasokan pesanan produk UMKM minuman kekinian. Kegiatan sosialisasi digital marketing adalah kegiatan dimana pemberian edukasi terkait bagaimana pengembangan produk agar mendapatkan citra positif kepada konsumen dengan cara memperbarui logo atau menanamkan merek yang mudah diingat oleh konsumen. Kegiatan kedua yang dilakukan yaitu Pendampingan Rebranding Logo UMKM Minuman Kekinian. Sebuah bisnis makanan atau minuman yang mudah dikenali akan memiliki brand awareness yang baik. Semakin dikenal sebuah brand, semakin besar potensi brand tersebut menjadi top of mind dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, keberadaan logo kemasan merupakan hal yang penting dan wajib dipertimbangkan. Alasan perubahan nama ini karena logo sebelumnya dianggap kurang menarik dan sudah lama tidak digunakan. Di sini mahasiswa KKN menerapkan program rebranding agar logo UMKM minuman modern menjadi lebih menarik dan unik.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.