Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Madinatul Munawaroh

Fenomena Bahasa Gaul Dalam Kolom Komentar Instagram @azizahsalsha

Eduaksi | Sunday, 30 Jun 2024, 14:45 WIB

Bahasa gaul adalah bahasa informal yang kerap digunakan oleh kalangan anak muda dalam percakapan sehari-hari, dipengaruhi oleh tren, media sosial, dan budaya populer. Bahasa ini mencerminkan kreativitas dan dinamika penggunanya, serta berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan identitas dan solidaritas kelompok dengan cara yang unik.

Perkembangan bahasa gaul di Instagram mencerminkan dinamika komunikasi modern yang dipengaruhi oleh tren sosial dan budaya populer. Pengguna platform ini sering memanfaatkan kata-kata baru atau frasa yang diadaptasi dari bahasa sehari-hari untuk menyampaikan ide, perasaan, atau pandangan mereka secara kreatif dan menghibur.

Di kolom komentar Instagram Selebgram Azizah Salsha pada 28 Juni 2024, terdapat penggunaan bahasa gaul seperti "otw", "bucin", "salting", "baper", dan "vibes" yang sering kita dengar dan sangat populer di kalangan pengguna. Istilah-istilah ini tidak hanya mencerminkan tren terkini, tetapi juga berbagai emosi dan situasi secara unik dan kreatif. Bahasa gaul ini memberikan dimensi baru dalam interaksi online, memperkaya cara pengguna menyampaikan ide, serta mengekspresikan identitas secara spontan dan ekspresif dalam komunitas digital.

Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai kata- kata terserbut :

Data 1

Bentuk kata "Bucin"

Bentuk akronim dari "Budak Cinta" Istilah ini dipakai untuk menggambarkan seseorang yang terlalu tergila-gila atau terobsesi dengan pasangannya hingga rela melakukan apa saja demi cintanya. Kadang-kadang memiliki konotasi bercanda atau mengolok-olok.

Data 2

Bentuk kata "Salting"

Bentuk gabungan dari "Salah Tingkah" Menunjukkan perasaan gugup, canggung, atau tidak tahu harus berbuat apa dalam situasi tertentu, biasanya karena ada orang yang disukai atau situasi yang membuat malu.

Data 3

Bentuk kata "Vibes"

Bentuk kata serapan dari bahasa Inggris Menggambarkan suasana, nuansa, atau perasaan yang dirasakan dalam suatu situasi atau tempat. Kata ini digunakan untuk menilai atau menggambarkan pengalaman seseorang di suatu tempat atau acara.

Data 4

Bentuk kata "Baper"

Bentuk akronim dari "Bawa Perasaan" Menggambarkan seseorang yang mudah tersinggung atau terbawa perasaan dalam suatu situasi. Kata ini sering digunakan untuk mengingatkan orang agar tidak terlalu serius menanggapi sesuatu.

Data 5

Bentuk kata "OTW"

Bentuk singkatan dari "On The Way" Kata ini digunakan saat seseorang sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat. Biasanya dipakai dalam konteks percakapan untuk memberi tahu bahwa seseorang sedang menuju tempat tujuan.

Bahasa gaul yang berkembang di Instagram mencerminkan bagaimana anak muda tidak hanya mempengaruhi, tetapi juga terpengaruh oleh tren global. Istilah-istilah seperti bucin, salting, baper, vibes, otw menyebar melalui postingan dan komentar viral, menjadikan Instagram sebagai platform utama dalam dinamika komunikasi modern yang berperan penting dalam penyebaran budaya dan bahasa populer di era digital ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image