Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image akbar fattah

Hikmah Sebuah Musibah

Agama | Thursday, 20 Jan 2022, 09:24 WIB

Inalillahi Waa Inna Ilaihi Rajiun...

Belakangan ini banyak sekali musibah yang terjadi di negeri tercinta kita Indonesia, mulai dari bencana alam banjir, gempa bumi, erupsi gunung dan masih banyak lainnya.

Yang masih hangat adalah pandemi Covid-19 yang sudah berjalan kurang lebih dua tahunan ini. Bahkan kini kabarnya muncul varian virus terbaru.

Banyak sekali yang sudah menjadi korban baik dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai lansia.

Sebagai muslim yang baik kita harus bisa mengambil hikmah dari setiap musibah yang terjadi.

Hikmah Sebuah Musibah

Gempa bumi di Mamuju - Sulawesi Barat

Dari seluruh musibah yang terjadi di dunia ini, sebagai seorang yang beriman kepada Allah SWT kita harus bisa berfikir jika semua musibah ini semata-mata tidak terjadi begitu saja.

Pasti terdapat pelajaran berharga di balik setiap musibah yang terjadi, oleh karena itu sebagai hamba-Nya yang beriman harus berperasangka baik kepada Allah SWT bahwa apa-apa saja yang datang dari Allah pasti baik.

Berikut merupakan beberapa point penting tentang hikmah dari terjadinya sebuah musibah.

#1. Sebagai Bahan Muhasabah Diri

Sebagai muslim yang baik dengan adanya berbagai musibah yang sudah terjadi hendaknya kita bisa menjadikannya sebagai bahan untuk bermuhasabah atau introspeksi terhadap apa-apa saja yang sudah kita perbuat.

Lalu jika di tanyakan kapan kita harus bermuhasabah? apakah ketika ada muisibah saja? tentu saja tidak, introspeksi diri ini harus kita lakukan setiap saat, kapan saja dan bisa di mana saja.

#2 Meningkatkan Iman & Taqwa Kepada Allah SWT

Jika poin pertama adalah muhasabah atau introspeksi diri maka berikutnya adalah dampak dari muhasabah diri yakni semakin meningkatnya keimanan dann ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Dengan meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT bisa semakin mendekatkan diri kita kepada-Nya.

#3 Manusia Adalah Makhluk Yang Lemah

Dengan terjadinya berbagai macam musibah tentunya memperlihatkan betapa lemahnya kita sebagai manusia.

Jangankan musibah selevel bencana, sekelas penyakit seperti flu, demam, sakit gigi dan lain sebagainya kita sudah tidak berdaya.

Oleh karena itu sebagai hamba-Nya yang beriman kita harus menyadari betul jika kita adalah makhluk yang lemah tanpa adanya pertolongan dari Allah SWT.

#4 Bentuk Cinta Allah SWT Kepada Hamba-Nya

Jika berdasarkan hadits di atas terjadinya sebuah musibah bisa juga kita maknai sebagai kasih sayang dari Allah unutk kita para umat-Nya.

#5 Diampuni Dosa

Terjadinya sebuah musibah juga bisa menggugurkan dosa kita hal ini berdasarkan hadits berikut :

#6 Segalanya Milik Allah

Mengutip dari maunah.id segala sesuatu di dunia ini segalanya adalah kepunyaan Allah, dan pasti akan kembali kepada-Nya.

Hal ini berdasarkan Al-Qur'an Surah Al-Baqoroh :156 yang berbunyi :

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya : "Artinya : (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”

Arti Innalillahi Waa inna ilaihi rojiun = “Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah, dan kepada Allah jualah kami kembali.”

Mungkin demikian pembahasan hikmah dari terjadinya sebuah bencana

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image