Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Aliffiya Kamuktiani Putri

Istigfar dalam Al-Qur'an: Sebuah Pendekatan Semantik untuk Memahami Pengampunan

Agama | 2024-06-26 10:21:33

Al-Qur'an mencakup aspek bahasanya yang sangat luar biasa. Penggunaan bahasa dalam ayat-ayat Al-Qur'an begitu tinggi tingkat keindahannya sehingga memerlukan pemahaman yang mendalam untuk dapat meresapi maknanya. Sebagai umat muslim, kewajiban untuk memahami isi Al-Qur'an itu penting, meski tidak secara menyeluruh.

Karena bahasa merupakan perangkat yang berguna sebagai penyingkap pikiran dan juga perasaan,[1] maka penting juga untuk mengetahuinya secara mendalam supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam memaknainya. Melalui analisis semantik, kita dapat menggali lebih dalam mengenai berbagai aspek dari sebuah kata.

Semantik sendiri, menurut Toshihiko Izutsu[2] adalah studi tentang makna dalam konteks bahasa, memahami makna kata-kata dalam konteks aslinya, bagaimana makna tersebut berkembang dan berinteraksi dengan konsep-konsep lain dalam bahasa Arab klasik, dan juga bagaimana kata-kata tersebut terhubung satu sama lain dalam sebuah jaringan makna yang lebih besar, dan bagaimana jaringan ini membentuk worldview dari masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut.

Salah satu elemen penting dalam praktik keagamaan Islam, yakni istigfar, yang berarti memohon ampunan kepada Allah. Kata ini sering muncul dalam Al-Qur'an dan Hadis, menunjukkan pentingnya dalam kehidupan seorang Muslim. Meskipun sering digunakan, banyak orang yang mungkin tidak sepenuhnya memahami berbagai bentuk dan makna kata istigfar, serta implikasi teologis dan linguistiknya.

Dalam konteks kehidupan sehari-hari, kata istigfar memiliki peran penting dalam mendidik umat Islam tentang pentingnya kesadaran diri, penyesalan atas kesalahan yang dilakukan, dan tekad untuk memperbaiki diri. Pemahaman yang mendalam tentang istigfar juga dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah dan spiritualitas seorang Muslim. Lalu, bagaimana dengan pemahaman mendalam mengenai kosa kata istigfar?

Dari kitab Mufradāt Gharīb al-Qur’an karya al-Rāghib al-Asfahāni, kata istigfar berasal dari akar kata bahasa Arab "ghafara” yang berarti “menutupi” atau “melindungi.” Istigfar dalam konteks al-Qur'an berarti memohon ampunan kepada Allah, dengan harapan dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan akan ditutupi dan diampuni oleh-Nya. Proses ini melibatkan kesadaran akan kesalahan, penyesalan, dan tekad untuk tidak mengulanginya di masa depan. Kata "istigfar" juga digunakan dalam berbagai ayat Al-Qur'an, menggambarkan konteks dan implikasi maknanya yang beragam. Misalnya, istigfar sering dikaitkan dengan taubat dan peningkatan spiritual, serta dipandang sebagai jalan untuk meraih keberkahan dan keselamatan di dunia dan akhirat.[3]

Makna Relasional Kata Istighfar

Pertama, istigfar yang berarti memohon ampun[4]

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ ٣٣

Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka selama engkau (Nabi Muhammad) berada di antara mereka dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka selama mereka memohon ampunan. (QS. Al-Anfal [8]: 33).

Kata “istigfar” di sini menunjukkan kesadaran akan dosa-dosa yang telah dilakukan dan adanya tekad untuk memperbaiki diri. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang, sehingga Dia menjanjikan tidak akan mengazab orang-orang yang terus-menerus beristigfar.

Kedua, istigfar yang memiliki makana salat

اَلصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْمُنْفِقِيْنَ وَالْمُسْتَغْفِرِيْنَ بِالْاَسْحَارِ ١٧

(Juga) orang-orang yang sabar, benar, taat, dan berinfak, serta memohon ampunan pada akhir malam. (QS. Ali ‘Imran [3]: 17).

Kata memohon ampun di waktu sahur mengisyaratkan ketika salat di sepertiga malam atau waktu sebelum subuh.

Ketiga, kata istigfar yang berwajah membuka pintu rezeki[5]

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ ١٠ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ ١١ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ ١٢

Lalu, aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (10) (Jika kamu memohon ampun,) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, (11) memperbanyak harta dan anak-anakmu, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu.” (12). (QS. Nuh [71]: 10-12).

Istigfar tidak hanya berarti pengampunan dosa tetapi juga memiliki dampak positif dalam kehidupan duniawi, termasuk rezeki yang melimpah. Dengan beristigfar, seorang Muslim dapat meraih berbagai bentuk berkah dari Allah, termasuk hujan yang lebat, peningkatan harta dan keturunan, serta kebun-kebun dan sungai-sungai yang melimpah. Ini mengajarkan kita untuk selalu beristigfar dalam segala situasi, sebagai bentuk pengabdian kepada Allah dan cara untuk meraih kehidupan yang sejahtera.

Keempat, istigfar yang berarti dikabulkannya doa[6]

۞ وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًا ۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗ ۗهُوَ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيْهَا فَاسْتَغْفِرُوْهُ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ ۗاِنَّ رَبِّيْ قَرِيْبٌ مُّجِيْبٌ ٦١

Kepada (kaum) Samud (Kami utus) saudara mereka, Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku, sembahlah Allah! Sekali-kali tidak ada tuhan bagimu selain Dia. Dia telah menciptakanmu dari bumi (tanah) dan menjadikanmu pemakmurnya. Oleh karena itu, mohonlah ampunan kepada-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku sangat dekat lagi Maha Memperkenankan (doa hamba-Nya).” (QS. Hud [11]: 61).

Allah Maha Dekat dengan hamba-Nya dan selalu siap mendengar serta mengabulkan doa-doa mereka yang memohon dengan ikhlas. Ini menunjukkan kasih sayang Allah yang besar kepada hamba-hamba-Nya.

Dengan analisis di atas, dapat kita dapat menggali makna yang mendalam dari kata "istigfar" dalam Al-Qur'an. Istigfar, yang ternyata memiliki beberapa arti dan tidak hanya terkait dengan pengampunan dosa, tetapi juga membawa berbagai implikasi positif dalam kehidupan seorang Muslim. Maka, dengan ini diharapkan umat Islam dapat meraih manfaat yang lebih besar dalam ibadah dan kehidupan sehari-hari, memperkuat hubungan dengan Allah, dan meningkatkan kualitas spiritualitasnya.

Daftar Pustaka

Asfahāni, Abi Qasim Husain bin Muhammad al-Ma’ruf al-. Mufradāt Gharīb al-Qur’an. Lebanon: Beirut: Dar al-Ma’rifah, t.t.

DIA, Yayasan. “Istighfar Satu Kata Banyak Makna.” Http://purl.org/dc/dcmitype/Text. Istighfar Satu Kata Banyak Makna. laduniid, 10 Juni 2020. https://www.laduni.id/post/read/68553/istighfar-satu-kata-banyak-makna.html.

Yostiroh, Shyfa. “Urgensi Bahasa Arab dalam Memahami Al-Qurán,” 2022. https://osf.io/5dmfw/download.

[1] Shyfa Yostiroh, “Urgensi Bahasa Arab dalam Memahami Al-Qurán,” 2022, hlm. 2, https://osf.io/5dmfw/download.

[2] Salah satu ilmuan masyhur dalam bidang semantik yang namanya mulai populer setelah berhasil menyelesaikan ketiga karya monumentalnya, yakni Ethico Religius Concepts in The Quran (1960), God and Man in The Koran: Semantik of The Koranic Weltanschauung (1969), dan The Concept or Belief in Islamic Theology: a Semantikal Analysis of Iman and Islam (1969).

[3] Abi Qasim Husain bin Muhammad al-Ma’ruf al-Asfahāni, Mufradāt Gharīb al-Qur’an (Lebanon: Beirut: Dar al-Ma’rifah, t.t.), hlm. 362.

[4] Yayasan DIA, “Istighfar Satu Kata Banyak Makna,” http://purl.org/dc/dcmitype/Text, Istighfar Satu Kata Banyak Makna (laduniid, 10 Juni 2020), https://www.laduni.id/post/read/68553/istighfar-satu-kata-banyak-makna.html.

[5] DIA.

[6] DIA.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image