Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image DIY Jateng Coverage

Pelatihan Pertanian Perkotaan di Kelurahan Gunung Ketur

Rubrik | 2024-06-26 06:24:56

Pelatihan Pertanian Perkotaan di Kelurahan Gunung Ketur

Yogyakarta,(25/06/24)

Pelatihan pertanian kota bagi masyarakat kelurahan Gunung Ketur, kali ini mengangkat Budidaya Alpukat dalam Tabulampot. Pelatihan yang diadakan ke sekian kalinya ini bertujuan mendayagunakan lahan terbatas di sekitar area halaman rumah dan di antara jalan gang sempit wilayah urban kota Yogyakarta. Selain itu, hasil pertanian bisa menjadi alternatif pendapatan bagi masyarakat petani kota dengan berbagai produksi buah dan tanaman yang dihasilkan.

Eka Yulianta selaku narasumber yang juga Ketua Asosiasi Tabulampot Kota Yogyakarta memberikan pemaparan tentang alpukat merupakan buah dengan nilai gizi yang tinggi dan permintaan pasar yang terus meningkat, menjadi salah satu komoditas pertanian yang sangat potensial untuk dibudidayakan.

"Tidak hanya Alpukat, kita bisa menanam berbagai macam buah seperti kelengkeng yang bernilai jual tinggi," terangnya sambil melakukan mentoring pada peserta. "Dengan mengembangkan pertanian kota, hasilnya bisa membantu peningkatan nilai asupan gizi dan bila dijual secara komersil mampu membantu keuangan rumah tangga."

Para peserta yang berasal dari wilayah sekitar kelurahan Gunung Ketur tampak antusias terhadap materi yang diberikan. Selain pelatihan, saat yang sama mereka diberikan bibit alpukat untuk dibudidayakan di rumah sebagai stimulus untuk membentuk pertanian perkotaan di wilayah Gunung Ketur, Yogyakarta.

Setyawan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image