Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Febryana Salsabilla

Tips Agar Tetap "Waras" Selama Menjadi Pengangguran

Gaya Hidup | 2024-06-23 19:46:15

Menganggur adalah fase paling buruk yang dialami oleh orang-orang produktif. Mereka yang seharusnya bekerja, namun tidak menemukan pekerjaan yang diharapkan. Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari pekerjaan, bekerja kurang dari dua hari dalam seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.

Menjadi pengangguran bisa menjadi mimpi buruk bagi banyak orang. Di Indonesia, perempuan sebagian besar terkena dampak pengangguran. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap pengangguran, antara lain individu yang memiliki kualifikasi rendah atau tinggi, terbatasnya kesempatan kerja, dan pekerjaan yang tidak sesuai. Akibatnya, banyak orang yang menganggur mengalami peningkatan stres.

Stres saat menganggur adalah ide buruk dalam menjalani hidup. Oleh karena itu, perlu adanya strategi atau tips agar diri tetap tenang dan menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Kembangkan Keterampilan Baru

Hard skill dan soft skill sama pentingnya di dunia kerja. Pengangguran merupakan masa yang dapat dimanfaatkan untuk memperdalam keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang diinginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti kursus, pelatihan, sertifikasi, dan boot camp, baik secara online maupun offline. Kegiatan tersebut sangat penting untuk menjaga pikiran tetap aktif dan menyegarkan kembali ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan, apalagi jika pekerjaan yang diinginkan berkaitan dengan latar belakang pendidikan seseorang.

2. Membaca Buku

Membaca buku bisa menjadi cara yang bagus untuk mengisi waktu luang. Buku yang dibaca tidak harus ilmiah, tapi juga fiksi. Pembaca bisa mendapatkan pengetahuan baru. Melalui buku, pembaca juga dapat merasakan perkembangan karakter dan menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Penjurnalan

Hidup sebagai seorang pengangguran tentu menguras emosi dan tenaga. Oleh karena itu, banyak upaya dilakukan untuk menghindari stres. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah menulis tentang apa yang dialami. Dengan menulis, seseorang dapat memahami perasaannya lebih dalam dan mengambil keputusan yang lebih baik.

4. Gaya Hidup Sehat

Pola hidup sehat harus dilakukan terutama pada saat menganggur yang sangat rentan terhadap stres. Pola hidup sehat yang dapat diterapkan antara lain mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Selain tubuh sehat, risiko stres juga akan menurun.

5. Berdoa

Hubungan dengan Tuhan juga merupakan hal yang paling penting. Bagi sebagian orang, berdoa kepada Tuhan adalah tempat paling aman untuk mengeluh dan meratap. Dengan berdoa, seseorang merasa tidak sendiri.

6. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Selama menganggur, banyak sekali pemikiran negatif tentang kehidupan. Salah satunya adalah prestasi, dimana seorang pengangguran merasa tidak berguna karena tidak mempunyai prestasi. Hal ini diperburuk dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain di media sosial. Oleh karena itu, sangat penting untuk memfilter apa yang akan dilihat di media sosial.

Tips di atas adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama menganggur. Perjalanan setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, marilah kita mencintai diri kita sendiri dan terus berusaha sekuat tenaga.

Penulis: Febryana Salsabilla Nursabrina

Asal Instansi: Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image