Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanes Gusprinadi

Kurangnya Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan

Edukasi | 2024-06-23 13:51:53

Masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan di sungai menunjukkan perilaku yang tidak bertanggung jawab dan kurang pedulu terhadap lingkungan. Tentu tindakan ini dapat menyebabkan pencemaran sungai, mengganggu ekosistem air, serta membahayakan kehidupan satwa air dan manuisa yang bergantung pada sungai tersebut. Selain itu, membuang sampah ke sungai juga mencerminkan kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan dan kelestarian alam.

Dilansir dari National Geographic, dari keseluruhan air bersih di dunia hanya satu persen yang bisa diakses dan digunakan oleh umat manusia. Salah satu dari satu persen tersebut adalah sungai. Sehingga jika sungai tercemar sampah, maka ketersediaan air bersih juga akan berkurang. Dapat kita lihat bahwa sungai sendiri sangat sensitif bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitaran sungai, masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai tentu air dari sungai menjadi tempat demi memenuhi kebutuhan pasokan air mereka.

Juga beberapa waktu yang lalu viralnya vidio mengenai sungai yang tercemar akibat dari ulah oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab, bahkan sungai tersebut menjadi salah satu sungai terkotor di indonesia. Sungai tersebut ialah sungai citarum yang berada di Bandung, Jawa Barat. Sungai citarum terkenal akan tumpukan sampahnya, juga merupakan sungai yang susah untuk dibersihkan. Banyak yang mengatakan tumpukan sampah tersebut merupakan sampah yang terbawa arus sungai atau sampah kiriman dari sungai lainnya. Sungai yang sangat indah pemandangannya pada awalnya, menjadikannya sungai sampah. Tentu ini menjadi PR lebih bagi pemerintah dan dinas lingkungan terkait, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Juga untuk masyarakat seluruh indonesia, jangan membuang sampah menjadi sebuah kebiasaan. Karena yang dapat kita lihat membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke sungai itu merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dan juga hal itu nantinya akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Sungai bukanlah tempat pembuangan sampah, sungai merupakan tempat hidupnya para satwa air. Pesan untuk semuanya jagalah lingkungan sekitarmu dan janganlah buang sampah sembarangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya