Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Safira Arrahmah

Digitalisasi dalam Pendidikan : Sebuah Paradigma Baru atau Bencana?

Edukasi | Sunday, 16 Jun 2024, 00:45 WIB
Sumber : PwC Luxembourg

Saat ini, pendidikan merupakan salah satu bidang paling penting dan berpengaruh. Pendidikan memegang peranan vital sebagai pilar utama dari sektor ekonomi yang produktif. Program pembiayaan dan peluang pertumbuhan ekonomi semakin menekankan bahwa negara maju harus didukung oleh masyarakat yang berpendidikan. Pendidikan yang berkualitas dapat membuka peluang bagi individu untuk belajar dan meningkatkan keterampilan mereka kapan saja dan di mana saja, sehingga memungkinkan individu tersebut untuk dapat bersaing di tingkat global. Melalui pendidikan yang baik, berbagai inovasi dan pemikiran kritis yang penting untuk kemajuan teknologi dan peningkatan produktivitas dapat terpacu, sehingga akan terjadi banyak kemajuan dalam berbagai disiplin ilmu.

Terlebih lagi, saat ini kita sedang memasuki era 4.0 yang mana seluruh aspek dalam kehidupan, termasuk pendidikan, akan memiliki kaitan erat dengan teknologi. Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju dan serba cepat, terdapat banyak inovasi baru yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu inovasi tersebut adalah digitalisasi pendidikan, yang telah menjadi sorotan utama dalam meningkatkan efektivitas belajar-mengajar. Digitalisasi pendidikan adalah proses revolusioner yang dapat meningkatkan hasil belajar, keterlibatan, dan kualitas dalam pendidikan (Sousa et al., 2020). Digitalisasi pendidikan tidak hanya memudahkan akses ke materi pembelajaran, tetapi juga memungkinkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik.

Perkembangan Digitalisasi Pendidikan

Proses digitalisasi pendidikan sebenarnya sudah lama berlangsung, tetapi minat terhadapnya meningkat pesat saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk berinteraksi jarak jauh (Petrusevich, 2020). Dari sinilah proses digitalisasi pendidikan semakin berkembang dan peran guru serta penggunaan alat bantu pengajaran berbasis teknologi tinggi menjadi semakin penting dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, pelatihan tenaga pendidik masa kini perlu mencakup digitalisasi dalam pengajaran. Tren ini sejalan dengan peningkatan jumlah dan pentingnya informasi yang terus berkembang.

Tantangan yang Dihadapi

Di samping itu semua, globalisasi tentu membawa tantangan tersendiri bagi sektor pendidikan. Proses digitalisasi membawa tantangan seperti kesenjangan digital antara berbagai daerah di Indonesia dan masalah privasi. Selain itu, kemajuan teknologi yang cepat juga membutuhkan pengendalian kualitas yang berkelanjutan dalam lingkungan pendidikan (Schmidt and Tang, 2020). Banyak bukti menunjukkan bahwa institusi pendidikan harus terus berinovasi dan memperbarui kurikulum mereka untuk memenuhi kebutuhan zaman.

Dominansi Pengaruh Positif atau Negatif?

Secara keseluruhan, dapat dipahami bahwa digitalisasi pendidikan membawa lebih banyak dampak positif. Dampak positif tersebut mencakup perubahan dan perkembangan dalam berbagai bidang keilmuan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan proses pendidikan yang efisien. Namun, tak dapat dipungkiri pula bahwa digitalisasi pendidikan bisa saja mengarah pada berbagai dampak negatif, seperti penggunaan telepon seluler yang berlebihan dan lebih rentan akan berbagai penyalahgunaan kemajuan teknologi. Akan tetapi, apabila digitalisasi pendidikan diimplementasikan dengan benar dan sesuai, hal ini dapat mempermudah berbagai aspek dalam pendidikan yang nantinya akan berimplikasi pada perkembangan seluruh disiplin keilmuan dan berkontribusi pada munculnya berbagai penemuan baru dengan lebih efektif dan efisien.

Referensi :

Petrusevich D.A., 2020. Modern Trends in the Digitalization of Education. Journal of Physics: Conference Series, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1691/1/012223

Schmidt, J.T., Tang, M., 2020. Digitalization in Education: Challenges, Trends and Transformative Potential. In: Harwardt M., Niermann P.J., Schmutte A., Steuernagel A. Führen und Managen in der digitalen Transformation. Springer Gabler, Wiesbaden

Sousa, R., Karimova, B., Gorlov, S., 2020. Digitalization as a new direction in education sphere. E3S Web of Conference. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202015909014.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image