Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Catatan Jurnalis

Berawal dari Pengalaman Pribadi, Seorang Ibu Menciptakan Aplikasi Kanker Anak

Teknologi | 2024-06-13 15:29:01
Sumber: Dok. Pribadi

Memahami betapa pentingnya edukasi dan dukungan bagi anak-anak penderita kanker, Nur Arning Tengara Kasih memperkenalkan aplikasi inovatif "Sobat Pita Kuning". Aplikasi ini hadir sebagai solusi untuk memberikan informasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker anak.

Sobat Pita Kuning adalah aplikasi yang dirancang untuk masyarakat secara umum dan membantu orang tua dan keluarga anak-anak penderita kanker. Nama "Sobat Pita Kuning" berasal dari kata "Sobat" yang berarti sahabat karib dan "Pita Kuning" yang menjadi simbol anak-anak penderita kanker.

Tujuan utama aplikasi ini adalah untuk memastikan anak-anak mendapatkan hak mereka atas kesehatan dan kehidupan yang layak. Dengan menyediakan informasi yang akurat dan mudah diakses, aplikasi ini membantu orang tua membuat keputusan yang tepat dalam perawatan anak mereka.

Fitur-fitur dalam aplikasi Sobat Pita Kuning meliputi skiring gejal kanker anak, artikel edukatif, tips kesehatan, serta forum diskusi untuk orang tua berbagi pengalaman dan dukungan. Aplikasi ini juga menyediakan informasi rumah sakit yang memiliki fasilitas penanganan kanker anak dan rumah singgah bagi pasien kanker anak yang membutuhkan.

Nur Arning Tengara Kasih, seorang ibu rumah tangga dan pemuda pelopor DKI Jakarta 2024, menciptakan aplikasi ini berdasarkan pengalamannya sendiri. "Kami ingin membantu keluarga lain agar memiliki akses yang lebih baik terhadap informasi dan perawatan kanker anak," ujar Nur.

Edukasi merupakan kunci dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker anak. Dengan aplikasi Sobat Pita Kuning, Nur berharap dapat mengurangi keterlambatan diagnosis dan perawatan yang sering terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini.

Komunitas Sobat Pita Kuning juga aktif mengadakan kampanye sosial dan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya deteksi dini kanker pada anak. Mereka bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk komunitas sosial, organisasi non-profit dan pemerintah.

Nur percaya bahwa melalui edukasi dan kepedulian, masyarakat dapat berperan lebih aktif dalam mendukung anak-anak penderita kanker. "Dengan dukungan semua pihak, kita bisa memberikan harapan dan kesempatan yang lebih baik bagi anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker," katanya.

Harapan besar Nur adalah agar aplikasi Sobat Pita Kuning dapat menjadi sumber informasi yang andal dan dapat diakses oleh semua orang. Melalui aplikasi ini, ia ingin memastikan bahwa setiap anak mendapatkan peluang terbaik untuk sembuh dan menjalani kehidupan yang sehat dan bahagia.

Nur Arning Tengara Kasih berharap dapat membangun ekosistem yang peduli terhadap kanker anak, memastikan tidak ada lagi keluarga yang merasa sendirian dalam perjuangan mereka melawan penyakit ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya