Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Mengapa Tidur Sangat Penting Selama Kehamilan

Eduaksi | Monday, 10 Jun 2024, 09:14 WIB
Sumber gambar: The Bump.com

Masalah tidur pada kehamilan dapat menyebabkan hasil yang buruk pada bayi yang dilahirkan

Wawasan Utama

· Tidur sangat penting untuk kehidupan kita.

· Kehamilan dan masa kanak-kanak merupakan tahapan penting untuk masalah tidur.

· Masalah tidur selama kehamilan dapat menyebabkan berkembangnya berbagai masalah pada bayi yang dilahirkan.

· Tidur dapat dimodifikasi.

Kita semua pasti setuju bahwa tidur sangat penting bagi kehidupan kita, dan tanpa tidur malam yang cukup, kita tidak akan dapat beraktivitas dengan baik keesokan harinya. Namun, dan untuk beberapa alasan yang masih tidak saya mengerti, ada tahapan tertentu dalam kehidupan di mana kita semua berasumsi bahwa kurang tidur adalah “normal” dan sesuatu yang harus kita atasi, karena memang demikianlah “apa adanya”. " Contoh tahapan ini adalah masa kanak-kanak dan kehamilan – dan dalam postingan ini saya akan fokus terutama pada masa kehamilan.

Saya ingat ketika isteri saya sedang mengandung anak saya, salah satu hal pertama yang saya dengar dari seorang teman dekat yang baik (tentu saja setelah “selamat”) adalah melupakan tidur yang nyenyak di malam hari—dan sejujurnya, hal ini tidak terjadi, hanya pesannya berdasarkan pengalamannya sendiri; itu adalah pesan yang saya dengar berulang kali selama kehamilan isteri saya dari orang yang berbeda. Sebagai peneliti tidur yang mempelajari dampak masalah tidur terhadap perkembangan masalah kesehatan mental, saya harus mengakui bahwa ini cukup bagus sebuah pesan yang “menakutkan”. Berdasarkan penelitian saya sendiri, ini berarti bahwa secara default ibu yang sedang mengandung akan berisiko mengalami masalah kesehatan mental.

Oleh karena itu, salah satu tujuan utama yang ingin saya capai melalui penelitian saya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan betapa pentingnya tidur, namun yang terpenting, tidur adalah sesuatu yang dapat kita modifikasi dan, dengan menerapkan praktik kebersihan tidur yang baik, kita dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup.

Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa masalah tidur selama kehamilan dapat menyebabkan berkembangnya berbagai masalah pada bayi baru lahir dan selanjutnya pada perkembangan anak. Misalnya saja pada beberapa penelitian yang saya lakukan di Finlandia, kami menemukan bahwa gejala insomnia pada ibu selama hamil berhubungan dengan terjadinya gangguan tidur pada bayi di usia 3 bulan; dan juga bahwa anak-anak dari ibu yang memiliki kronotipe malam hari (yaitu, "orang yang suka tidur malam") memiliki risiko paling tinggi mengalami masalah tidur selama dua tahun pertama kehidupannya. Dalam dua penelitian tersebut, kami hanya fokus pada masalah tidur sebagai aspek perkembangan yang perlu dieksplorasi pada anak yang dilahirkan. Namun, kami juga memperkirakan bahwa masalah tidur selama kehamilan akan berdampak pada aspek perkembangan bayi yang dilahirkan secara lebih luas, seperti masalah emosional, temperamen yang lebih sulit, atau keterlambatan perkembangan motorik atau kognitif. Ini adalah sesuatu yang masih perlu kita eksplorasi lebih jauh dan sesuatu yang ingin kita selidiki dalam beberapa tahun ke depan; mudah-mudahan saya bisa memberikan update lebih lanjut di ruang ini.

Alasan mengapa masalah tidur selama kehamilan menyebabkan masalah perkembangan pada anak masih belum jelas, namun beberapa mekanisme biologis potensial telah dikemukakan untuk mendukung hubungan tersebut. Misalnya, gangguan tidur selama kehamilan dapat mengganggu ritme dan amplitudo sekresi melatonin, yang selanjutnya terlibat dalam pembentukan pola tidur normal janin dan ritme sirkadian. Namun, kita masih memerlukan penelitian lebih lanjut (terutama penelitian longitudinal yang memantau ibu dan anak mereka dalam jangka waktu lama) untuk memahami secara lebih rinci mekanisme yang menjelaskan hubungan antara masalah tidur selama kehamilan dan buruknya perkembangan anak.

Penting juga untuk digarisbawahi bahwa aspek relevan mengapa masalah tidur selama kehamilan menjadi sangat penting adalah bahwa hal ini sebenarnya merupakan faktor yang dapat dimodifikasi, yang berarti bahwa kita dapat meningkatkan kualitas tidur kita dan, akibatnya, mencegah serangkaian efek buruk yang terkait dengan tidur sebelum melahirkan. masalah (seperti masalah tidur pada anak, atau masalah kesehatan mental pada ibu pasca melahirkan). Misalnya, ada sejumlah intervensi tidur (misalnya praktik kebersihan tidur, intervensi perilaku) yang telah terbukti meningkatkan kualitas tidur; Intervensi ini bisa efektif dalam mencegah berkembangnya berbagai dampak buruk pada ibu (misalnya masalah kesehatan mental pasca melahirkan) dan pada anak (misalnya masalah tidur pada masa bayi). Menyusul hal ini, dan mempertimbangkan dampak negatif yang terkait dengan masalah tidur selama kehamilan yang disebutkan di atas, salah satu fokus utama kami di tahun-tahun mendatang adalah menerapkan intervensi tidur selama kehamilan tidak hanya untuk meningkatkan kualitas tidur pada wanita hamil tetapi juga untuk mencegah dan/atau mengurangi gangguan mental. masalah kesehatan dan akibat buruk lainnya pada ibu dan anak-anak mereka.

Namun masalah tidur selama kehamilan tidak hanya akan berdampak pada perkembangan bayi yang dilahirkan, namun masalah tidur yang mungkin dialami anak juga dapat berdampak jangka panjang pada perkembangan berbagai dampak buruk, seperti kesehatan mental. masalah. Ini adalah topik untuk postingan lain (atau beberapa).

***

Solo, Senin, 10 Juni 2024. 8:58 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image