Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maureen Rahmauli Simbolon

NEWSTART (Pola Hidup Sehat)

Gaya Hidup | 2024-06-05 15:17:10

Gaya hidup NEWSTART pertama kali diterapkan sejak pertengahan abad 19. Sebuah penelitian yang diadakan oleh U.S. National Institutes of Health dan ditampilkan dalam edisi November 2005 National Geographic, menunjukkan bahwa orang orang yang menerapkan gaya hidup NEWSTART di California hidup lebih lama rata-rata 4-10 tahun daripada umur rata-rata orang California. Di Amerika Serikat, gaya hidup NEW START menjadi salah satu alternatif pengobatan dan pemulihan. Beberapa pusat kesehatan menggunakan NEW START sebagai landasannya, salah satunya adalah the Weimar Institute of Health and Education di California. Mari kita telusuri lebih dalam tentang NEW START, yang bisa kita praktekkan dalam hidup sehari-hari.

1. NUTRITION (makanan bergizi)

Kombinasi makanan yang dimakan hendaknya mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai kebutuhan. Kita harus memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, serta mengurangi makanan hewani. Pola makan juga mempengaruhi kesehatan. Makanlah secukupnya dan makanlah pada waktunya. 2 hidangan per hari lebih baik daripada 3, namun apabila hidangan ke 3 tetap dimakan, usahakan makanan yang ringan dan telah selesai dimakan beberapa jam sebelum tidur. Sebaiknya jangan minum sewaktu dan sesudah makan, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna dan menyerap sari-sari makanan. Kunyah makanan dengan baik untuk mempermudah kerja lambung.

2. EXERCISE (olahraga)

Olahraga teratur juga merupakan salah satu syarat untuk menjaga kesehatan. Lakukan olahraga dengan frekuensi 3-5 kali seminggu dengan durasi minimum 30 menit. Olahraga dimulai dengan pemanasan selama 5 menit, diikuti 20 menit latihan inti, diakhiri dengan 5 menit pendinginan. Olahraga bermanfaat untuk: memperkuat jantung, memperkuat tulang, memperbaiki peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol jahat (LDL), membakar lemak yang berlebihan, menguatkan paru-paru, serta meningkatkan kualitas tidur.

3. WATER (air)

Manusia dapat hidup tanpa makanan dalam beberapa minggu, tetapi dalam beberapa hari manusia akan mati tanpa air karena 70% tubuh manusia adalah air. Air yang masuk kedalam tubuh manusia harus sama banyak dengan air yang keluar dari dalam tubuh. Berapa banyak air yang dibutuhkan adalah 50-100 mL per kg Berat badan. Jadi, kalau berat badan Anda 50 kg, maka Anda membutuhkan air minimum sebesar = 50kg x 50 mL = 2500 mL atau 2,5 Liter air (sekitar 10 gelas kecil).

Catatan : Biasakan minum secara teratur walaupun belum haus. Mnum air pada suhu ruangan, tidak terlalu panas atau terlalu dingin karena dapat melemahkan sistem pencernaan.

4. SUNSHINE (sinar matahari)

Waktu yang terbaik untuk mendapatkan sinar matahari adalah sebelum jam 9-10 pagi atau sesudah jam 3-4 sore. Berjemurlah sekitar 15 menit dalam satu hari. Bagi tubuh manusia, sinar mentari berfungsi untuk membunuh kuman (TBC, Pneumonia, demam, kusta), mensintesis vitamin D, menurunkan kolesterol di bawah kulit, meningkatkan endorphin yang menghasilkan rasa relaks dan nyaman, meningkatkan kekebalan tubuh, bersama diet dan olahraga dapat menurunkan gula darah. Karena itu sebaiknya olahraga dilakukan di luar ruangan di pagi hari atau sore hari.

5. TEMPERANCE (pengendalian diri)

“ Bertarak dalam makanan dan pengendalian hawa nafsu, akan melestarikan intelek dan memberikan kekuatan mental dan moral, memungkinkan orang untuk membawa semua kecenderungan mereka di bawah control kekuatan yang lebih tinggi, untuk membedakan antara benar dan salah, yang sacral dan umum. “ Ellen G. White, Testimonies, Vol. 3, p. 491

Temperance disini maksudnya adalah pengendalian diri terhadap hal-hal negatif yang disukai dan menimbulkan ketergantungan, seperti: minuman (alkohol, soda, kopi), makanan (secara berlebihan), rokok, seks, pekerjaan (gila kerja), olahraga (berlebihan, otot pun butuh waktu untuk beristirahat), watak (emosional), dan narkoba. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

6. AIR (udara/oksigen)

Manusia dapat hidup beberapa minggu tanpa makanan, beberapa hari tanpa air, tetapi tidak dapat hidup tanpa udara. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan: aktivitas mental berkurang, pusing kepala, halusinasi, kerusakan sel-sel otak, mengurangi vitalitas hidup, metabolisme menurun, lekas lelahdan lesu, dan anemia. Tips untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Di pagi hari, di udara terbuka atau di dekat tanaman, rentangkan tangan lebar-lebar sambil menghirup udara dalam-dalam melalui hidung. Lalu keluarkan udara secara perlahan melalui mulut. Lakukan beberapa kali.

7. REST (istirahat)

Early to bed and early to rise. Tubuh dan pikiran membutuhkan istirahat untuk memulihkan, memperbaharui, dan mengembangkan sel-sel tubuh. Seorang bayi memerlukan waktu tidur sebanyak 16-20 jam per hari. Anak-anak memerlukan waktu 10-12 jam untuk istirahat. Orang dewasa memerlukanwaktu sebanyak 7-8 jam per hari. Jangan tidur pada saat perut masih penuh dengan makanan, oleh karena itu usahakan makan terakhir minimal 3 jam sebelum tidur. Harus ada waktu yang seimbang dan teratur antara saat untuk bekerja, saat beristirahat, saat rekreasi, dan saat berdoa dan bermeditasi.

8. TRUST IN GOD (iman dan kepercayaan)

Tahukah Anda bahwa sebenarnya 90% penyumbang penyakit di dalam tubuh ialah berasal dari pikiran kita. Stres dan depresi sangat mempengaruhi kondisi tubuh secara fisik. Salah satu metode untuk mengatasi stres adalah berdoa. Doa selain untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, sebenarnya juga dapat membantu kita untuk memfokuskan pikiran pada doa atau ayat-ayat suci yang kita panjatkan. Dengan demikian terjadi pengalihan pikiran dari ruwetnya masalah yang membelit kita. Setelah berdoa, biasanya pikiran menjadi lebih tenang dan lebih jernih. Doa juga membantu kita untuk selalu berpikir positf, gembira, dan bersyukur.

DI DALAM JIWA (PIKIRAN) YANG SEHAT, TERDAPAT TUBUH YANG SEHAT. MARI KITA LAKUKAN GAYA HIDUP NEWSTART DAN RASAKAN PERUBAHAN YANG TERJADI!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image